Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pulau Bawean, Ada Angkatan Berkat Berukuran 1,5 Meter

Gresik (beritajatim.com) – Puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443H di Pulau Bawean yang digelar di Masjid Sa’adatuddarain, Alun-alun Kecamatan Sangkapura, Senin (18/10/2021) malam, berlangsung sangat meriah.

Ribuan warga sambil membawa puluhan angkatan berkat, atau tempat makanan serta minuman berbentuk mirip keranjang berukuran 1,5 meter secara bergantian.

Angkatan berkat tersebut dibawa bergantian baik itu datang dari desa maupun warga perorangan. Ada berbagai macam makanan serta minuman yang dimasukkan sebagai ungkapan rasa syukur lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Uniknya, selain berisi makanan dan minuman angkatan erkat tersebut juga dihiasi pecahan uang rupiah. Mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Peringatan maulid nabi ini, tidak hanya dilakukan masjid saja. Namun, di seluruh desa di Pulau Bawean.

Nawati (38) warga asal Dusun Pateken Timur, Desa Kotakusuma, Kecamatan Sangkapura Bawean menuturkan, dirinya sengaja turut mengirim satu angkatan berkat sebagai ungkapan syukur karena masih diberi kesehatan serta mencari rejeki. “Alhamdulillah saya masih bisa mengirim satu angkatan berkat sebagai rasa syukur karena masih bisa diberi kenikmatan sama Allah SWT,” tuturnya, Selasa (19/20/2021).

Bupati Gus Yani ini budaya yang patut dilestarikan. Kedepan nantinya akan mengajak seluruh OPD menyaksikan budaya maulid nabi Muhammad SAW di yang sudah berjalan ratusan tahun.

“Ini budaya yang patut dilestarikan meski ditengah era digitalisasi. Budaya angkatan berkat yang diselenggarakan setiap maulid Nabi Muhammad SAW bisa dijadikan promosi wisata budaya selain wisata alam di Pulau Bawean,” ujarnya.

Sementara Takmir Masjid Masjid Sa’adatuddarain Alun-Alun Sangkapura, R Ali Masyhar menyatakan nantinya angkatan berkat ini dibagikan menurut nomor urut yang telah ditentukan oleh panitia Masjid Sa’adatuddarain. “Setiap tahun peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pulau Bawean sangat meriah, dan ini sangat pas karena dihadiri juga oleh Bupati Gresik,” pungkasnya. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar