Gaya Hidup

Perayaan Imlek di Ponorogo Dirayakan Lintas Etnis

Ponorogo (beritajatim.com) – Nuansa perayaan tahun baru imlek 2019 kental terasa di perumahan Pusparaya Regency, Mangkujayan Ponorogo. Ratusan lampion berwarna merah dan ornamen-ornamen khas imlek terpasang di sepanjang jalan perumaham tersebut. “Perayaan imlek ini merupakan agenda tahunan di sini,” kata Sulistyono Susanto warga perumahan tersebut saat ditemui beritajatim.com, Selasa (5/2/2019).

Sulistyono mengungkapkan puncak acara perayaan Imlek 2019 di perumahannya dilaksanakan Senin (4/2/2019) malam. Semua penghuni rumah keluar. Di sepanjang jalan, bercengkrama dengan damai dalam balutan kaos berwarna merah khas imlek.

Puluhan gerobak makanan penjual keliling didatangkan. Berbagai makanan disajikan untuk siapa saja yang datang ke lokasi. Tidak hanya warga perumahan atau etnis Tionghoa yang menjadi minoritas di lingkungan tersebut. Namun warga luar perumahan, turut menikmati hidangan yang disajikan. Dan perayaan seperti ini merupakan simbol kebersamaan. Selain itu, juga untuk memererat tali persaudaraan untuk warga. “Perbedaan etnis, agama dan suku kita lebur dengan kebersamaan dalam kerukunan,” katanya.

Penampilan barongsai dan pesta kembang api menjadi acara pamungkas dalam perayaan imlek di tempat tersebut. Ratusan penonton bergantian untuk berfoto dengan kesenian asli Tiongkok tersebut. Sulistyono menyebut natal, tahun baru, Grebeg Suro, Idhul Adha, Idhul Fitri juga dirayakan seperti ini, sesuai dengan ciri khas masing-masing. “Kalau perayaan Grebeg Suro, selain makan bersama kita juga pentaskan kesenian Reyog,” pungkasnya. [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar