Gaya Hidup

Perajin Batik Kediri Pamerkan Sogan Batik Terakota Melalui Peragaan Busana

Kediri (beritajatim.com) – Bagi anda pecinta batik, tentu anda tak asing dengan batik sogan yang biasa ada di Yogyakarta atau Solo. Kali ini, Asosiasi Perajin Batik Jawa Timur (APBJ) Perwakilan Kediri memamerkan Sogan Terakota yang menjadi khas Jatim melalui peragaan busana atau fashion show.

Batik sogan terakota ini dikenakan para model saat berlanggak lenggok di Taman Sekartaji, Kota Kediri. Mereka memerkan aneka busana batik karya para perajin Kediri dengan sogan khas Jatim yang dipadu padankan dengan motiv Kediri.

Lahirnya sogan terakota terinspirasi dari peninggalan kerajaan majapahit yakni sebuah tembikar. Warna batu bata merah bangunan kerajaan dipakai sebagai warna khas sogan ini. Melalui sosialisasi sogan khas Jatim tersebut diharapkan, batik Jatim lebih dikenal serta mampu mengangkat potensi perajin khususnya di Kediri.

Perajin Batik Canting Jagad Mrican, Lusia Wahyuni, yang juga Ketua APBJ Perwakilan Kediri mengatakan, lomba peragaan busana batik sogan terakota itu digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, sekaligus melauncing APBJ Kediri.

“Kegiatan tersebut mengambil tema Batik Harmoni Kota Kediri Warisan Budaya Indonesia Untuk Dunia,” kata Lusia Wahyuni, Ketua APBJ Perwakilan Kediri.

Selain lomba fashion show, juga ada lomba desain batik yang diikuti oleh masyarakat umum. Desain terbaik akan ditetapkan menjadi ciri khas motiv batik Kediri. Sementara pemenang lomba Fashion Show, akan dipilih menjadi Duta Batik Kediri yang nantinya dikirim sebagai perwakilan lomba Duta Batik Jatim, pada 2020 mendatang.

Peringatan Hari Batik Nasional dan launcing APBJ Perwakilan Kediri ini dihadiri langsung oleh wakil Ketua APBJ Jawa Timur, Arty yang sekaligus menyerahkan surat keputusan pembentukan APBJ Kediri. Hadir pula, Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Kediri serta dari Dinas Pendidikan Kota Kediri. [nng/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar