Gaya Hidup

Renungan 25 Muharram 1441 Hijriyah

Pentingnya Sifat dan Sikap AJIS

Ferry Is Mirza

Sesungguhnya kebahagiaan itu berada di dalam hati setiap insan manusia. Amanah dengan hati yang bersih, jujur dalam tutur kata dan ikhlas dibarengi pikiran yang jernih itu bisa menciptakan rasa sabar.

Dengan sifat dan sikap AJIS (Amanah, Jujur, Ikhlas, dan Sabar) kapan pun, di manapun dan dalam kondisi apapun, akan menemukan kebahagian. Kebahagiaan itu sesungguhnya adalah milik orang-orang yang pandai bersyukur.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Al Ra’du: 28)

Sungguh betapa pentingnya manusia itu memiliki sahabat, Rasulullah memerintahkan kepada kita agar kita tidak sendirian saat berpergian jauh/safar, termasuk traveling. Hendaklah ia mencari seseorang untuk menemaninya. Ini bukti bahwa memiliki teman sangatlah dianjurkan bagi seorang muslim.

“Seandainya orang-orang tahu bahaya sendirian sebagaimana aku mengetahuinya, niscaya mereka enggan pergi sendirian malam-malam.” (Al-Bukhari)

“Janganlah kalian mencaci sahabat-sahabatku. Demi Allah, seandainya kamu berinfaq dengan emas sebesar gunung Uhud, sedekah itu tidak akan sebanding dengan satu mud (2 genggam tangan) maupun setengahnya pemberian salah seorang dari mereka.” (Al-Bukhari dan Muslim)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.” (QS. Ali Imran : 118).

Penulis adalah wartawan senior yang sedang menekuni ilmu-ilmu agama dan tinggal di Surabaya

Apa Reaksi Anda?

Komentar