Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Penderita Nyeri Punggung Jangan Abaikan, Ini Tips Tidur yang Tepat

Pixabay

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi Anda yang memiliki nyeri punggung, memang kerap merasakan nyeri saat bangun tidur. Ini karena posisi tidur yang salah atau ada faktor lain yang menjadi pemicunya. Nah jika tidak ingin hal serupa terjadi, berikut ini beberapa tips yang patut Anda coba:

 

Taruh bantal di bawah lutut

Seperti dilansir dari Bustle, Sabtu (9/10/2021) bagi Anda yang memiliki masalah nyeri punggung dan suka tidur terlentang, coba letakkan bantal di bawah lutut. Dr. Thanu Jey, seorang chiropractor dan direktur klinis dari Yorkville Sports Medicine Clinic, mengatakan cara ini akan memiringkan panggul Anda kedepan. “Ini akan membantu menjaga tulang belakang Anda agar tidak terlalu panjang atau melengkung ke belakang,” kata Jey. Setelah Anda mengganjal bantal untuk mengangkat lutut dan menopang punggung, Anda akan merasakan otot-otot tidak kaku dan rileks.

 

Ganti kapuk dengan busa

Tidur di kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras dapat membuat sakit punggung semakin parah, kata Dr. Theresa Marko, seorang ahli terapi fisik dan spesialis klinis ortopedi. Cobalah untuk mengganti tempat tidur Anda yang terbuat dari tumpukan kapuk dengan busa. “Topper gel busa untuk kasur Anda akan membantu punggung Anda sedikit tenggelam ke dalam kasur,” katanya. Jika Anda tidur miring, Marko mengatakan busa licin akan memberi ruang panggul Anda untuk duduk di tempat tidur serta menghilangkan titik-titik rasa sakit.

 

Ganti posisi tidur

Menurut ahli terapi fisik Dr. Jasmine Marcus, PT, DPT, CSCS, mengatakan nyeri punggung cenderung memihak pada posisi tertentu. “Misalnya, seseorang mungkin merasa sakit saat berdiri dan lega dengan duduk, atau sebaliknya,” jelasnya. “Jika Anda mengalami nyeri saat duduk, Anda mungkin juga merasakan nyeri saat berbaring dalam posisi meringkuk, sedangkan seseorang dengan nyeri saat berdiri mungkin mengalami nyeri saat berbaring.” Marcus juga menambahkan Tidak ada satu cara yang sempurna untuk tidur, jadi Anda harus menemukan apa yang cocok untuk Anda. [rsf/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar