Gaya Hidup

Pendapatan dari Sektor Pariwisata Hingga Agustus 2020 Nihil

Kayangan Api saat malam hari.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Bojonegoro Budiyanto mengatakan, pada 2020 hingga Agustus ini, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata kosong. Hal itu karena adanya pembatasan sosial selama pandemi Covid-19.

“Makanya kami sedang mencoba beradaptasi dengan tatanan baru selama pandemi Covid-19, untuk menginisiasi sektor pariwisata yang dikelola oleh pemerintah dulu,” ujarnya, Jumat (14/8/2020).

Dari hasil uji coba atau simulasi pembukaan sektor pariwisata yang dikelola oleh pemerintah itu nantinya akan menjadi bahan evaluasi. Dalam simulasi pembukaan sektor pariwisata diantaranya ada penambahan tempat cuci tangan, ruang antrean dan pembatasan jumlah pengunjung.

“Karena jika tidak segera kami inisiasi lama kelamaan akan terpuruk. Tahun ini tidak ada pemasukan PAD dari sektor pariwisata. Sehingga kami segera inisiasi, jika tidak ada klaster baru dari pariwisata akan dibuka dari sektor swasta juga,” terangnya.

Saat ini tempat wisata di Kabupaten Bojonegoro yang menjadi simulasi diantaranya Kayangan Api di Kecamatan Ngasem, Waduk Pacal di Kecamatan Temayang dan Dander Park. Selain pariwisata, kegiatan kebudayaan yang sifatnya mendatangkan massa juga belum diizinkan. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar