Gaya Hidup

Pemuda Ranuyoso Lumajang Hijaukan Ranu Bedali Selamatkan Sumber Mata Air

Lumajang (beritajatim.com) – Memperingati Hari Air Sedunia, Komunitas Pemuda Ranuyoso (KOPRA) menggelar penghijauan dengan melakukan penanaman 800 bibit pohon buah di Area Sumber Mata Air Danau Ranu Bedali, Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso, Senin (22/3/2021).

“Kegiatan ini sebagai bentuk syukur kita sumber mata air di Ranu Bedali masih bisa kita manfaatkan untuk masyarakat ranuyoso,” ungkap Muhammad Hamidi, Panitia Penghijauan pada wartawan.

Masih kata dia, penanaman ini menjadi penting bagi masyarakat Ranuyoso lantaran wilayah ini seringkali kekurangan terhadap air bersih. Dan sebagian besar masyarakat di wilayah ini hidup dan meminum air dari sumber ini.

“Kalau Sumber mata air di Ranu Bedali mati, kita hanya mengandalkan hujan nantinya,” jelasnya.

Pemilihan bibit buah ini dalam penghijauan, tambah dia, diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar danau terutama buah yang saat ini ditanam oleh Kopra.

“Kita tanam ini ada Durian, Jambu, Kelengkeng, matoa, nangka, pinang, dan kemiri harapannya bisa dimanfaatkan buahnya mas,” tambahnya.

Sementara itu, Dirut Perusahan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mahameru, Achmad Arifulin Nuha menyatakan, kegiatan yang dilakukan pemuda Ranuyoso sangat bagus dan dirinya mendukung sekali. Sumber Mata air oleh Pemkab Lumajang disalurkan ke masyarakat melalui Perumdam.

“Ini bentuk kepedulian masyarakat dan perlu diapresiasi,” pungkasnya. (har/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar