Gaya Hidup

Pempek Ny Kamto dan Seblak Manten, Dua Menu Hits Berkuah Segar dan Pedas di Surabaya

Surabaya – Surabaya kota yang asyik untuk kulineran. Banyak menu penggugah selera yang tersaji di kota pahlawan ini. Kamu tau nggak, Surabaya juga menjadi melting pot, alias lokasi berkumpulnya masyarakat dari berbagai kota Jawa Timur lainnya.

Hal tersebut menjadikan kuliner di Surabaya sangat beragam. Banyak makanan dari Arab, Cina, dan pulau-pulau lain di Indonesia, laris manis tanjung kimpul. Makanan-makanan tersebut diserbu masyarakat Surabaya yang memang menganut prinsip diversitas dalam berkuliner ria.

Foodblogger Surabaya, Nurul Rahmawati mengatakan menu asal Palembang seperti pempek, tekwan, dan sebagainya, juga hadir di Surabaya. Pempek berhasil memikat lidah warga Surabaya. Begitu pula dengan seblak, yang khas Bandung, juga mendapat tempat di hati masyarakat kota ini.

“Apalagi ketika dimakan dalam kondisi kota yang tengah diguyur hujan. Sebuah kenikmatan hakiki, bisa menikmati pempek yang lezat berpadu dengan kuah cuko yang asam manis pedas. Selain itu ada seblak, yang pedas cabenya bikin lidah terbakar, tapi sekaligus nikmat luar biasa,” kata Nutul seperti dikutip dalam Pesenmakan.id (17/3/2020).

 Pempek Ny Kamto, dengan Menu yang Lengkap, Siap Menggugah Selera

Brand pempek ini berasal dari Jogja, dan mayoritas orang Jogja punya loyalitas tinggi terhadap pempek ini. Begitu melebarkan sayapnya ke Surabaya, sudah pasti empek Ny Kamto mencuri atensi sekaligus hati.

Ada berbagai menu yang disediakan oleh Pempek Ny Kamto. Tenant ini punya menu pempek paling banyak dibandingkan dengan tenant pempek sejenis. Ada pempek kapal selam, Lenggang, lenggang panggang, mie tahu, tekwan, model, tahu, kulit dan bulat. Banyak! Kami pun memesan pempek kapal selam dan pempek kulit.

Setiap menu pempek (baik kapal selam maupun pempek kulit) disajikan dengan irisan timun yang berbentuk dadu. Sedangkan untuk kuah cukanya (atau orang Palembang biasa menyebutnya “cuko”) ada dua jenis, pedas atau tidak pedas sama sekali. Cuko-nya segar sekali, dihirup dan diseruput bersama pempek.

Pempek digoreng denga kematangan yang pas. Crispy di luar, dan masih lembut/moist untuk adonan di dalamnya. Sama sekali tidak alot. Kian mantab dan segar apabila kita masukkan seluruh elemen ke dalam mulut: pempek + cuko + irisan timun.

“Kalau mau menu yang lebih gurih, kita bisa memesan tekwan. Kuahnya juga segar, mirip kuah bakso dengan hint kesegaran jeruk nipis. Bahan-bahan tekwan dari ikan segar, yang mengusung gizi tinggi. Kenyal, dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kita dan buah hati,” kata Nurul.

Pempek Ny Kamto berlokasi di Jl. Raya Jemursari No.252F, Prapen, Surabaya. Harga yang ditawarkan juga tidak mahal, hanya Rp25 ribu per  porsinya.

Seblak Manten, Pedasnya Nampol!

Menu yang pedas segar plus sarat dengan komponen kenyal adalah seblak manten. Asli dari Jawa Barat, seblak adalah kerupuk yang direbus sehingga lembek, dan dimasak dengan rangkaian bumbu lengkap penggugah selera. Seblak Manten, salah satu merek yang hits dan mendapatkan tempat di hati para penikmat seblak Surabaya. Pedasnya, jangan ditanya.

“Tapi, kita bisa memilih level kepedasan, sesuai dengan paket yang disiapkan oleh tim Seblak Manten,” jelas Nurul.

Seblak manten terdiri dari beberapa pilihan paket, antara lain Seblak Manten Cabe 0 Paket Single 1, Seblak Manten Cabe 10: Paket PDKT, Seblak Manten Cabe 20: Paket PHP, Seblak Manten Cabe 30: Paket Pacaran, Seblak Manten Cabe 40: Paket Tunangan, dan Seblak Manten Cabe 50: Paket Manten. Seblak Manten juga menyediakan pilihan topping tambahan, seperti sosis, siomay, pentol, scallop, bola udang, dumpling keju, baso aci, dan otak-otak.

Kedai Seblak Manten berada di Jl. Nginden Semolo No.20, Nginden Jangkungan, Kec. Sukolilo, Surabaya. Harga setiap porsinya hanya dibanderol Rp15 ribu saja.

Khusus yang ingin datang dan menyantap kedua tempat ini, kamu bisa mengunjungi GoFood Festival, yang ada di Mall Grand City Surabaya. Di sini, pempek Ny Kamto dan Seblak Manten membuka gerainya.(ted)

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar