Gaya Hidup

Pembacaan Shalawat dan Festival Martabak Meriahkan Donor Darah 13 Komunitas di Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Gabungan 13 komunitas karang taruna (Karta) yang tergabung dalam Heppiii Community, fans club SuperSoccer, dan komunitas motor Bold Riders Jombang menggelar acara donor darah.

Penampilan grup shalawat banjari dan shalawat hadrah Ishari membuka dan menutup acara kemanusiaan yang berlangsung selama sepekan ini.

Panitia acara Harris Agung Wibisono mengatakan pembukaan acara ini bertepatan dengan Hari Santri 22 Oktober lalu. Dalam momentum hari besar ini acara donor darah dibuka dengan penampilan grup shalawat banjari yang merupakan bagian dari Heppiii Community Jombang.

“Dengan pembacaan shalawat di awal dan akhir acara tentunya harapan kami diberikan berkah dan kelancaran selama donor darah berlangsung. Alhamdulillah acara berjalan lancar,” kata Harris, pada Senin (26/10) malam di sela-sela penutupan acara sosial ini.

Dari acara kemanusiaan ini tercatat dari 239 peserta yang mendaftar dan diperoleh 176 kantong darah yang dapat disumbangkan untuk PMI Jombang. Beberapa peserta tidak lolos untuk berdonor karena tidak memenuhi syarat seperti tekanan darah tinggi atau kondisi pendonor yang kurang sehat.

Kantong darah yang terkumpul ini akan dimaksimalkan oleh PMI Jombang. Maklum, selama masa pandemi COVID-19 ini kebutuhan darah tinggi, sedangkan jumlah pendonor cenderung turun.

Selain pembacaan shalawat, kegiatan donor darah ini juga diramaikan dengan festival martabak di Desa Menturo yang merupakan central industri martabak.

“Dalam festival martabak ini ada 1.200 paket martabak plus terang bulan yang diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat dan para pendonor. Kegiatan ini juga sebagai wujud rasa syukur Paguyuban Martabak Desa Menturo. Terima kasih banyak atas kepedulian komunitas yang telah mensukseskan kegiatan ini,” ujar Harris.

Komunitas yang terlibat di acara ini terdiri dari lima karta, yakni karta Desa Bawangan, Pandan Blole, Berasan, Japanan, dan Ploso Gerang. Kemudian ikut tergabung satu Paguyuban Martabak Desa Mentoro. Ada juga komunitas Ishari Sumobito, selanjutnya dua Fans club, yakni CISC dan Milanisty. Sedangkan Bold Riders terdiri dari CCI Jombang, YVCI Jombang, HSFCJ Jombang, dan JNC Jombang.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang sangat baik, bahkan ada 16 peserta belum sempat mendonorkan darahnya lantaran PMI sudah kehabisan kantong darah.

Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah

“Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar