Gaya Hidup

Pelatihan Menulis Esai Bersama Afrizal Malna

Wina Bojonegoro, owner Perlima.

Surabaya (beritajatim.com) – Perempuan Penulis Padma (Perlima) menyelenggarakan pelatihan penulisan populer bersama sastrawan Afrizal Malna. Pelatihan dilaksanakan pada 26 Juni 2021 mulai pukul 10.00 hingga 13.00 WIB.

Demikian diungkapkan oleh owner Perlima, Wina Bojonegoro, Jumat (25/6/2021). Menurutnya, materi pelatihan meliputi pengantar penulisan populer, pemahaman tentang esai, cara menemukan isu utama, dan memilih tema yang dikuasai.

 

“Pelatihan penulisan populer ini dilanjutkan dengan diskusi intensif melalui WA grup hingga calon penulis bisa merealisasikan idenya menjadi artikel populer. Peserta pelatihan juga memiliki kesempatan untuk menulis buku kumpulan/antologi cerita fiksi bersama peserta pelatihan lainnya. Perempuan Penulis Padma juga menyediakan modul dan e-certificate,” ujar Wina Bojonegoro.

Sastrawan super produktif ini menambahkan, pelatihan menulis esai merupakan wujud dari misi Komunitas Perlima. Adapun misi-misi Perlima adalah sebagai berikut:

• Memberdayakan perempuan melalui kegiatan literasi baik sastra maupun non sastra

• Memberi rumah bagi para penulis perempuan untuk lebih luas berkarya

• Menjadi ajang bagi perempuan penulis untuk melahirkan potensi diri

• Membagikan pengetahuan menulis untuk meningkatkan kualitas tulisan perempuan

• Mengajak perempuan untuk menjadi berdaya, kuat, dan dapat berjuang melalui kegiatan literasi

“Bagi anggota Perempuan Penulis Padma, pelatihan ini tidak dipungut biaya. Sedangkan bagi calon penulis yang belum menjadi anggota Perempuan Penulis Padma, investasinya sebesar Rp 100 ribu. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Retno 0815 4850 5008,” papar Wina.

Terkait pemateri, Wina menjelaskan bahwa Afrizal adalah sastrawan sekaligus aktor yang dikenal melalui karya-karyanya berupa puisi, cerita pendek, dan esai sastra. Tulisan Afrizal dipublikasikan di berbagai media massa, yakni Horison, Kompas, Jawa Pos, Berita Buana, Republika, Surabaya Post, Pikiran Rakyat, Kedaulatan Rakyat, dan Ulumul Quran.

Afrizal juga menulis belasan buku, novel, dan teks pertunjukan teater. Salah satu naskah teater Afrizal Malna yang berjudul Pertumbuhan di Atas Meja Makan menerima penghargaan dalam sayembara Kincir Emas Radio Nederland Wereldomreop.

“Afrizal Malna adalah penerima Kusala Sastra Khatulistiwa, SEA Write Award, dan Man of The Year dari Tempo,” tandas Wina. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar