Gaya Hidup

PBB Gelar Pameran Bonsai Regional Pertama Terbesar di Malang Raya

Malang (beritajatim.com) – Paguyuban Bonsai Bululawang (PBB) menggelar Pameran Bonsai Regional Terbesar untuk pertama kali di Malang Raya. Sebanyak 270 bonsai, mengikuti pameran regional berrajuk Kabupaten Malang Bersemi di Rest Area Kecamatan Bululawang.

Panitia penyelenggara, Puguh Beni Wahyudi mengatakan, pameran bonsai terbesar baru pertama kali ini dihelat di Malang Raya. Tidak hanya dari Malang Raya, pameran bonsai diikuti hingga pecinta tanaman Bonsai dari Kalimantan, Sumatera dan Bali.

“Ada dari Malang Raya, Jawa Timur, Kalimantan, Sumatera, Bali. Itu yang datang bonsainya saja, dikirim lewat paket, orangnya tidak ikut,” kata Puguh, Jumat (25/9/2020) ditemui di area pameran Bonsai.

Kata Puguh, pada pameran itu juga ada penilaian. Peringkat 10 besar best stand bakal mendapat trofi penghargaan dan sertifikat. “Yang dinilai meliputi bentuk, umur, keserasian dengan pot. Lebih tua, bonsai itu lebih bagus. Ini bukan berdasarkan ukuran. Pohon apa saja bebas. Cuma satu kelas, regional,” terangnya.

Puguh pun menyebutkan, pada umumnya ada empat kelas pameran bonsai. Prospek, regional, madya dan utama. “Prospek ini yang masih bahan saja. Regional setengah jadi. Madya itu yang baik sekali bisa dapat sertifikat untuk ikut utama,” ucapnya.

Pada pagelaran pameran bonsai itu, penyelenggara tidak lupa menerapkan protokol kesehatan. Pengunjung pameran dibatasi maksimal 20 orang. “Demi kesehatan dan keamanan. Biar gak berjubel di dalam, juga demi keamanan bonsai itu sendiri,” Puguh mengakhiri. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar