Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Pastikan Mobil Dirawat dengan Benar saat Musim Hujan, Ini Tipsnya

Salah satu mobil yang tengah perawatan di New Fast Bengkel

Surabaya (beritajatim.com) – Musim hujan telah tiba otomatis membuat mobil gampang kotor. Jika dibiarkan berlarut-larut, air hujan yang melekat pada cat dan kaca mobil dapat menyebabkan tumbuhnya jamur.

Adapun salah satu bengkel New Fast di kawasan Arif Rahman Hakim ini berbagi tips merawat mobil di musim hujan agar kondisinya tetap prima. Baik penampilan maupun mesin tetap terjaga dengan baik.

Menurut Sarra Zulaika, Marketing Komunikasi New Fast Bengkel mengatakan tahap pertama adalah membersihkan mobil setibanya di rumah jika di jalan terkena hujan sebagai upaya menjaga agar tidak timbul water spot atau jamur bodi dan jamur kaca.


Selain itu, mobil yang dibiarkan kotor akan menyulitkan ketika akan dibersihkan di kemudian hari.

Oleh karenanya segera cuci mobil yang terkena hujan, apalagi hujan bersifat asam sehingga memiliki potensi merusak bodi mobil bahkan memicu tumbuhnya karat. Jangan sampai mobil yang kotor malah merepotkan ketika dipakai di kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Lalu pastikan Wiper mempunyai peran sangat penting ketika hujan melanda. Tentu akan sangat menyulitkan bila sampai wiper di mobil rusak. Oleh sebab itu, pastikan wiper dalam kondisi prima tanpa kendala, termasuk wiper belakang untuk mobil jenis hatchback, SUV, dan MPV. Periksa air pembersih kaca dan segera isi supaya tidak sampai kosong ketika dibutuhkan karena akan sangat menyulitkan kalau kaca kotor oleh air hujan.

Baru kondisi bagian mesin, pasalnya apa jadinya kalau saat hujan deras mobil Anda mogok? Tentu akan sangat menyulitkan. Oleh karena itu pastikan mesin mobil dalam kondisi prima. Periksa kekencangan kabel busi dan kabel aki untuk memastikannya tidak bermasalah.

Periksa pula rumah saringan udara dari risiko bocor untuk menutup celah air masuk. Cek pula ketinggian oli mesin dan segera tambah bila kurang. Sekaligus, periksa cairan lain di dalam ruang mesin seperti air radiator dan minyak rem.

Ban memegang peran sangat penting ketika hujan. Oleh karenanya, pastikan telapak ban dalam keadaan baik agar dapat melewati genangan air dengan mudah. Cek pula tekanan angin ban supaya dapat bekerja optimal, termasuk ban serep. Anda dapat melakukan spooring, balancing, dan rotasi ban di bengkel waktu servis berkala untuk membuat ban tetap dalam kondisi prima.

Performa rem mobil akan menurun ketika mobil melewati jalan basah karena hujan. Itulah mengapa kecepatan mobil harus dikurangi saat melewati jalan basah. Pastikan rem tidak bermasalah saat akan pergi, minimal dengan memastikan takaran minyak rem di dalam tabungnya tidak berkurang. Pastikan pula AC mobil dalam kondisi baik untuk mencegah kaca mobil berkabut yang akan mengganggu visibilitas ketika hujan.

“Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti di musim hujan akan menyulitkan pengguna ketika mengemudi di jalan. Sebagai antisipasi, lakukan pengecekan dan perawatan mobil agar selalu siap di jalan. dan di bengkel kami bisa menyediakan semua perawatan mobil terutama yang sering terjadi adalah jenis mobil untuk keluarga yang lebih dominan, “ungkap Sara, Kamis (6/10/2022).

Soal harga setiap perawatan cukup tentativ tergantung dari perawatan yang dilakukan setiap konsumen, dibandrol mulai dari seratus lima puluh ribu rupiah hingga jutaan rupiah para konsumen bisa teratasi untuk merawat mobil kembali secara normal.

“kita cukup murah untuk perawatan jika standart perawatan kaya cuune up mobil jadi kisaran mulai dari seratus lima puluh ribu rupiah hingga jutaan rupiah dengan kualitas teknisi mobil yang berpengalan,’ tutupnya. [way/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar