Gaya Hidup

Pariwisata Banyuwangi Jadi Pilihan Pertama New Normal di Indonesia

Banyuwangi (beritajatim.com)

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyebut, destinasi wisata di daerahnya menjadi pilihan pertama penerapan new normal sektor pariwisata di Indonesia. Banyuwangi dipilih di antara dua destinasi lainnya, yaitu BTDC Nusa Dua Bali dan Pulau Bintan.

“Dan yang menarik dari hasil rapat kabinet terbatas di istana negara di depan bapak Presiden, bahkan bapak menteri Wisnutama menelpon saya berkali-kali, bahwa Banyuwangi menjadi salah satu dari tiga piliah destinasi wisata di Indoensia untuk dijadikan model pertama kali new normal sektor pariwisata,” kata Anas, Rabu (24/6/2020).

Menurut Anas, penunjukkan Banyuwangi cukup spesial. Karena masuk dalam pengelolaan pariwisata berbasis daerah atau pemerintah.

“Pariwisata Banyuwangi dipilih menjadi satu-satunya yang dikelola oleh pemerintah, karena BTDC milik swasta dan Pulau Bintan juga dikelola swasta,” terangnya.

Anas menyebut, meski di tengah keterbatasan masyarakat harus tetap optimis. “Kita tidak boleh berhenti bermimpi dan membangun harapan untuk indonesia bahwa Banyuwangi ini siap,”

“Kita sudah membuat model, video, kita sudah membuat prothtipe, ini mungkin dianggap pencitraan. Coba lihat, kalau tidak ada festival bagaiaman? semua bakal remuk, ya atau tidak?,” Ujarnya.

Festival bagi Banyuwangi, kata Anas, tidak sekedar perayaan budaya. Tetapi juga media untuk para pelaku seni dan budaya mengembangkan kreativitas dan sumber ekonomi baru.

“Jadi bukan sekedar untuk mengundang wisatawan, tetapi juga sebagai alat, media bagi para pelaku seni dan seniman untuk mengembangkan aktualisasi dan panggung bagi anak-anak kita,” ungkapnya.

Bahkan, menyongsong new normal Banyuwangi telah menyiapkan segala sesuatu sejak dini. Mulai dari pariwisata hingga pelayanan publik bagi masyarakat.

“Ini setengah bulan lalu Pemprov belum punya, pemda lain juga belum ada. Tapi Banyuwangi telah mengawali ini semua. Nanti, setelah ini kami minta para seniman untuk lebih kreatif dan inovatif yang tepat dan cepat dari yang lain,” pungkasnya. (rin/ted)

(rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar