Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Para Ibu Wajib Tahu, Ini adalah Tanda Gigi Bayi Tumbuh

Hồng Xuân Viên, pexels

Surabaya (beritajatim.com) Salah satu fase yang mungkin dialami oleh si kecil dalam pertumbuhannya adalah gigi tumbuh. Namun banyak para ibu, khususnya ibu yang baru saja memiliki bayi, belum paham atau malah tidak tahu tanda-tanda bayinya sedang tumbuh gigi.

Agar tak panik dan kebingungan, simak tanda-tanda bayi yang sedang tumbuh gigi, berikut ini :

Pembengkakan pada Gusi
Tanda dari bayi tumbuh gigi adalah gusi yang memerah dan membengkak. Namun, tenang itu hal yang wajar. Ketika bagian gusi terlihat, coba berikan pijatan ringan pada gusinya dengan jari yang bersih. Ada kemungkinan, si bayi merasa kurang nyaman dan menjadi lebih baik setelah gusi dipijat. Selain itu, kita bisa memijat dengan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air dingin.

Tiba – tiba sering terbangun di malam hari
Perasaan kurang nyaman yang dirasakan anak bukan muncul di pagi atau siang hari saja. Namun, ketika sedang tidur, ia dapat erbangun karena rasa sakit atau gatal pada gusi. Maka, kita perlu sering memperhatikan jika si kecil terbangun di malam hari tanpa alasan yang jelas dengan jam yang tidak biasa. Ada kemungkinan ini ciri atau tanda bayi tumbuh gigi.

 

Mengalami gejala susah makan
Tidak dapat dipungkiri, jika kondisi ini membuat mulut anak terasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi dan membuat dia jadi susah makan. Ketika berbagai cara sudah dilakukan, namun bayi masih tetap rewel atau menolak makan, kemungkinan ini adalah ciri-ciri bayi tumbuh gigi. Langkah lebih untuk menghubungi dokter supaya diberikan saran pengobatan yang aman pada usia si bayi.

 

Punya kebiasaan menarik telinga atau menggaruk pipi
Hal ini dilakukan si bayi karena gusi terasa sedikit gatal dan tak nyaman. Namun, kita perlu memperhatikan kemungkinan dia menggaruk pipi dan menarik telinganya saat tertidur sehingga pastikan bahwa kuku dipotong dan tangan anak selalu bersih.

 

Tubuh mengalami demam

Faktanya memang belum ada hasil yang menunjukkan bahwa demam pasti terjadi pada kondisi tumbuh gigi pada bayi. Akan tetapi, demam mungkin terjadi tumbuh gigi. Penyebabnya bukan karena tumbuh gigi, namun infeksi kuman atau bakteri dari luar sehingga menyebabkan anak demam. Namun, saat demam mencapai 38 derajat Celsius ke atas,bisa jadi ini kemungkinannya bukan karena gigi yang akan tumbuh. [prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar