Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Pantai Soge, Hamparan Pasir Putih di Jalur JLS Pacitan

Pantai Soge di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jatim [Foto: air/beritajatim.com]

Pacitan (beritajatim.com) – Berjarak sekitar 30 kilometer (KM) dari Kota Pacitan. Berada di jalur Jalan Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan Kota Pacitan dengan Kabupaten Trenggalek, Pantai Soge menawarkan wisata alam pantai yang menawan dengan pesona luar biasa.

Tak ada kesulitan mengakses Pantai Soge. Lokasinya tepat di pinggir jalan utama JLS Pacitan-Trenggalek. Pantai Soge menambah kekayaan wahana wisata alam pantai Selatan di Pacitan, daerah yang dikenal dengan sebutan 1.001 Goa ini.

“Saya setiap minggu berwisata ke sini, Mas. Maklum jarak rumah kontrakanku dengan Pantai Soge tak begitu jauh,” kata Eko (38), pekerja PLTU Sukomoro Pacitan kepada beritajatim.com, Minggu (20/3/2022) siang.


Pantai Soge bisa diakses dari Kota Pacitan sekitar satu jam. Rute jalan yang dilalui sangat lebar dan lancar. Dari 30 KM badan yang dilalui menuju Pantai Soge, sekitar 7 sampai 8 KM di antaranya naik turun dan berkelok-kelok.

Tapi, pengunjung Pantai Soge tak perlu khawatir. Sebab, sepanjang 30 KM badan jalan menuju pantai tersebut kondisinya mulus. “Yang pasti udaranya segar dan bersih. Apalagi di pagi hari,” tambah Eko.

Yang unik dari Pantai Soge adalah pasirnya yang putih bersig, indah dan lokasinya berada di tepi jalan. Ini jadi pemandangan cukup langka. Biasanya pantai pasir putih lokasinya cukup tersembunyi.

Secara faktual, Kabupaten Pacitan memiliki deretan pantai-pantai pasir putih yang indah di area pesisir Pantai Selatan daerah ini. Misalnya, Pantai Klayar, Buyutan, Kasap, Srau, Watu Karung, dan lainnya.

Pantai Soge di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jatim [Foto: air/beritajatim.com]
Keindahan Pantai Soge bisa dipandang dari sisi atas, dari ruas badan jalan yang menghubungkan Kabupaten Pacitan dan Trenggalek. Kalau kita bergerak atau datang dari arah Kota Pacitan menuju Trenggalek, tepat di bagian tanjakan badan jalan yang menikung di antaranya perbukitan, terpampang indahnya Pantai Soge, dengan hamparan pasir putih membentang dari barat ke timur. Pasir putihnya bersih dan alamiah.

Kalau kita berkendara, menjelang sampai kawasan Pantai Soge, hamparan pasir putih dan laut biru akan tampak begitu menawan dari jalan. Badan jalan yang dilalui berada di kawasan bukit sebelah barat pantai.

Pantai Soge juga bisa menjadi tempar wisata bagi yang ingin mengeksplor keindahan pantai di Pacitan. Pantai ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, Jatim.

Pantai berpasir putih yang dikelilingi perbukitan ini menawarkan banyak pesona wisata pantai bagi pengunjungnya. Wisatawan dapat menelusuri bibir pantai yang cukup panjang, sehingga bisa menjelajah sampai ke arah timur. Sebab, di sisi timur Pantai Soge, terdapat hulu sungai yang mengalir dari kawasan perbukitan sisi utara. Hilir sungai yang bertemu lautan menjadi salah satu obyek foto yang instagramable di Pantai Soge.

Pantai Soge di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jatim [Foto: air/beritajatim.com]
Wisatawan tak diperbolehkan untuk berenang atau bermain air terlalu ke tengah di Pantai Soge. Sebab, ombaknya cukup besar. Di dekat pantai tersebut, terdapat banyak perangkat tangkap bersifat statis milik nelayan setempat untuk mencari dan menangkap anakan lobster.

“Yang tampak terapung di dekat pantai itu alat tangkap nelayan yang mencari anakan lobster. Kalau malam hari indah sekali, karena alat tersebut dilengkapi lampu,” jelas Eko, alumni FT Unmuh Surabaya ini.

Pantai Soge menjadi bukti nyata keindahan Nusantara di Pacitan, Jatim selain Pantai Klayar, Watu Karung, dan lainnya. Suasananya masih alami dan perawan, biru lautnya memesona untuk dinikmati, pemandangan sepanjang jalan mencuri perhatian.

 

Di sisi utara pantai berupa perbukitan dengan berbagai jenis tanaman, seperti pohon jati, nangka, mangga, dan lainnya. Kawasan Pantai Soge memadukan indahnya alam perbukitan dan pantai dengan hamparan pasir putih bersih dengan airnya biru dan deburan ombak yang mempesona.

Pemandangan lain yang disuguhkan di sekitar pantai ini adalah jembatan Soge yang berada di salah satu ruas JLS. Dengan cat berwarna biru di bagian atas, sehingga masyarakat sekitar menyebut dengan jembatan biru Pantai Soge.

Konstruksi jembatan ini futuristik, dengan pipa lengkung di bagian atasnya sehingga menyerupai rangka kubah raksasa. Banyak pengendara yang sengaja berhenti hanya untuk sekedar berfoto. Dari jembatan yang memiliki panjang hingga 50 meter ini, wisatawan bisa menikmati Pantai Soge dari celah muara sungai. [air/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar