Gaya Hidup

Pakai Masker Rentan Masalah Kulit Wajah, Lakukan Perawatan Ini

Surabaya (beritajatim.com) – Pemakaian masker terlalu lama membuat wajah menjadi sedikit mengalami perubahan. Hal ini karena sirkulasi kulit menjadi terlihat lebih kusam. Maka lebih baik penggunaan masker wajah harus diimbangi dengan perawatan, terutama di kondisi new normal ini.

Menurur Supervisor Emdee Clinic, dr Maria, bagian wajah yang tertutup ini rentan timbul jerawat, menghasilkan minyak berlebih dan kehilangan kelembapan kulit. Permasalah kulit wajah akibat penggunan masker disebabkan oleh sikap lalai dalam melakukan perawatan rutin.

“Bagian wajah yang tertutup oleh masker seharusnya dibutuhkan perawatan khusus, seperti rutin menjaga kebersihan wajah dan memberikan nutrisi dengan penggunaan krim yang dibutuhkan oleh kulit wajah,” ungkapnya, Kamis (16/7/2020).

Terdapat dua jenis perawatan wajah yang dapat dilakukan untuk meminimalisir timbulnya masalah kulit wajah akibat penggunaan masker.

Yaitu perawatan secara berkala dalam kurun waktu tertentu di klinik kecantikan, seperti facial, peeling dan tindakan medis lainnya. Selanjutnya adalah perawatan harian yang dapat dilakukan di rumah secara rutin dengan penggunaan krim pelembab.

“Setelah melepas masker, wajib membersihkan wajah secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan bakteri di wajah. Setelah itu, tambahkan pelembab untuk menghindari kulit kering,” katanya.

Timbulnya masalah kulit wajah rupanya juga dipengaruhi oleh bahan masker. Karena bersentuhan langsung dengan kulit wajah dalam kurun waktu 4 jam, bahan masker yang halus sangat direkomendasikan.

“Bahan masker yang cocok pastinya dapat menyerap keringat dengan cepat dan memiliki permukaan halus saat nempel diwajah seperti katun dan memiliki lapisan yang standart tentunya,” kata Maria. [way/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar