Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Overthinking dengan Pekerjaan? Ini Solusinya

Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Overthinking merupakan pikiran berlebihan yang seringkali dialami seseorang akibat terlalu banyak beban. Dalam dunia kerja overthinking bisa membuat Anda jadi malas berprogress, sehingga pekerjaan terbengkalai. Memikirkan masalah terlalu banyak atau terlalu lama dapat berdampak besar pada kinerja.

Sebaliknya, dengan  menghindari overthinking, Anda dapat bersantai, lebih bahagia, menghilangkan stres dan meningkatkan karir. Anda juga akan membuat keputusan besar lebih mudah. Berikut ini beberapa langkah guna membantu Anda berhenti berpikir berlebihan dan fokus pada saat ini.

Berpikir dengan beberapa perspektif, ini dapat dimulai dengan melihat hal membosankan saat bekerja. Misalnya dengan menganggap beban kerja sebagai sebuah hiburan, sehingga akan mengembalikan mood yang hilang.

Jangan mulai hari Anda dengan stres, memulai hari harus dengan kebahagian. Sehingga saat berada di kantor, atau bekerja di rumah Anda tidak mudah stres.

Fokus pada hal-hal yang dapat Anda ubah. Bekerja harus punya progress, agar meningkat dari waktu ke waktu. Anda harus fokus pada satu hal demi memuluskan rencana jangka panjang pekerjaan.

Jadwalkan waktu untuk refleksi, tubuh juga butuh waktu istirahat terlebih refleksi. Refleksi akan meningkatkan pengetahuan akan diri sendiri sehingga bisa terjadi perbaikan dalam hal pekerjaan.

Latih ketenangan dan kesadaran diri, melatih ketenangan dapat Anda lakukan saat menghadapi masalah, atau tugas yang menumpuk. Jika melewati dengan tenang langkah pengerjaannya pun akan mudah.

Berhentilah menjadi perfeksionis, sadari bahwa Anda tidak dapat mengendalikan segalanya. Jadi berhenti perfeksionis, mulai lebih
produktif sehingga Anda lebih bahagia! Selain langkah tersebut, Anda juga bisa menggunakan tips berikut untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas kerja, proyek atau urusan pribadi dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Rumusan SMART.

S, Specific: Buat tujuan Anda spesifik dan detail untuk perencanaan yang lebih efektif.

M, Measurable: Gol harus dapat diukur. Tentukan KPI (Key Performance Index) untuk mengukur kemajuan. Lakukan evaluasi kembali bila perlu.

А, Attainable: Dapat dicapai. Pastikan gol yang Anda tetapkan dapat dicapai secara wajar dalam jangka waktu terencana.

R, Relevant: Tujuan Anda harus sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan jangka panjang.

T, Time-based: Tentukan tanggal untuk memulai dan mengakhiri yang realistis serta ambisius sehingga punya waktu pasti.

Sekian cara agar keluar dari overthinking pada pekerjaan. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar