Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Mudah Dilakukan dan Terbukti Ampuh, Ini Cara Atasi Heartburn dengan Diet dan Pola Hidup Sehat

Freestocksorg, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Heartburn atau kondisi saat Anda merasakan perih dan panas di sekitar dada biasanya sering terjadi pada malam hari. Namun ternyata intensitas heartburn dapat dikurangi, bahkan disembuhkan dengan diet dan pola hidup sehat.

Melansir dari The Well Nest, (28/9/2021) heartburn disebabkan oleh terganggunya proses pencernaan alami tubuh. Ini terjadi ketika asam lambung mengalir kembali melewati LES dan bersentuhan dengan kerongkongan, menciptakan semacam kemacetan lalu lintas. Ketika lapisan kerongkongan terkena asam lambung terlalu lama, itu menciptakan rasa sakit yang membakar. Lalu bagaimanakah cara mengatasi heartburn? Berikut ulasan lengkapnya:

Kurangi makanan pemicu heartburn

American College of Gastroenterology melaporkan bahwa lebih dari 60 juta orang Amerika merasakan heartburn setidaknya sebulan sekali karena pola makan yang tidak sehat. Nah, cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengobati heartburn adalah mengurangi konsumsi makanan penyebab penyakit ini. Makanan yang paling umum menyebabkan heartburn yakni kafein, alkohol, cokelat, produk yang mengandung tomat, dan makanan yang berminyak atau pedas.

Jalankan diet blend

Lebih sering dikenal dengan diet lunak, diet blend juga dapat menjadi alternatif Anda untuk mengobati heartburn. Gaby Vaca-Flores, RDN, CLE, seorang ahli diet mengatakan, diet lunak terdiri dari makanan yang mudah dicerna seperti sup, daging tanpa lemak, dan teh tawar, membatasi makanan yang telah dilarang di atas, serta makanan tinggi serat.

Menjaga porsi makan

Penyebab lain dari gejala heartburn adalah makan dalam jumlah besar dalam sekali duduk. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan dalam porsi banyak dapat meningkatkan tekanan LES, sehingga asam lambung sulit keluar dari kerongkongan. Singkatnya, mengontrol porsi makan dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mengobati heartburn.

Makan dan minum secara perlahan

Berusaha untuk mengonsumsi makanan dan minum cairan secara perlahan sembari memberi waktu perut untuk mencerna makanan dengan baik. Strategi ini berpotensi meredakan penumpukan asam lambung, sekaligus mendukung perasaan kenyang tanpa porsi besar. [rsf/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar