Gaya Hidup

Mir4culous Trust, Pameran Karya Kolaborasi Pelukis – Jurnalis

Surabaya (beritajatim.com) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur punya keinginan untuk menyelenggarakan ‘funtrip’ kebudayaan. Kegiatan yang nantinya melibatkan awak media tersebut diharapkan bisa lebih mengenalkan kekayaan budaya daerah sehingga punya dampak pariwisata.

“Di pariwisata ‘funtrip’ ini sudah sering dilakukan, tetapi kebudayaan belum,” begitu ungkap Sinarto SKar MM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur di tengah acara peresmian pameran lukisan Mir4culous Trust yang digelar di Surabaya Suites Hotel, Senin (15/3/2021).

Menurut Sinarto, ‘funtrip’ kebudayan itu nantinya bisa mengunjungi kantong-kantong seni mulai dari Pacitan hingga Banyuwangi, juga Ngawi sampai Sumenep.

“Pasti ada kantong-kantong budaya yang bisa dipotret untuk disampaikan ke publik sehingga punya dampak pariwisata,” tegas lulusan SMKI Surabaya Jurusan Pedalangan ini.

Dalam kesempatan itu, Sinarto menyatakan pula bahwa kondisi kepariwisataan di Jawa Timur sudah mulai menggeliat seiring dengan perkembangan Covid-19 yang makin membaik.

“Kondisi di Jatim sekarang kan sudah banyak yang menguning. Tidak ada lagi yang (zona) merah,” imbuhnya.
Sinarto menyatakan pula bahwa dirinya sudah mendapat kabar dari disbudpar di kabupaten/kota di Jatim yang mulai berkegiatan lagi kepariwisataannya.

“Tinggal sisi seni kebudayaan yang belum. Jadi rasanya perlu gerakan khusus untuk mengabarkan bahwa kegiatan kesenian pun sudah waktunya dilakukan kembali dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan,” begitu harapnya.

Senada dengan Sinarto, Ainur Rohim, Ketua PWI Jawa Timur yang juga hadir di acara pembukaan pameran lukisan tersebut sangat mendukung agenda pameran lukisan tersebut.

Apalagi pameran yang diikuti 15 pelukis itu, empat diantaranya adalah jurnalis. “Even seperti ini perlu didukung dan diapresiasi karena sangat jarang, sehingga intensitas informasi seputar kegiatan berkesenian juga masih sangat minim,” katanya.

Pria yang akrab disapa Cak Air ini sepakat bahwa kegiatan kebudayaan perlu mendapat dukungan semua media. “Tujuannya jelas untuk makin menggairahkan kegiatan berkesenian khususnya di Jawa Timur,” tegasnya.

Kolaborasi Pelukis-Jurnalis

Budi Bi, koordinator pameran ‘MIR4CULOUS TRUST’ yang juga penggagas kolaborasi pelukis dan jurnalis ini menekankan bahwa kegiatan yang digeber di hotel bintang 4 di pusat Kota Surabaya ini diyakini bakal seru.
“Kolaborasi ini juga mencerminkan kekompakan kita,” tuturnya.

Menurut Budi Bi, di saat pandemi yang membatasi banyak kegiatan ini kita harus terus bergerak, bersama seiring, semangat berkarya, agar kita tidak diam di tempat.

“Ars Longa Vita Brevis. Masa hidup itu singkat, namun karya seni kita akan abadi,” pungkasnya. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar