Gaya Hidup

Mimpi Jadi Nyata di Tanah Baluran Situbondo

Direktur Utama PT. BSP Hariyadi Budi Susanto

Situbondo – Sejak pertama kali menginjakkan kaki di Jepang 2003, Saya sudah tertarik dengan budaya dan wisata alam nya yg sangat kuat.  Berbagai tempat wisata alam sudah saya kunjungi dari Nagasaki sampai Hokaido.

Sesudah saya menyelesaikan program Doktor (PhD) dari Tohoku University, saya pulang ke Indonesia (th 2017).

Setelah sampai di Indonesia saya keliling ke tempat wisata alam di seluruh Indonesia. Luar biasa indahnya, tidak kalah potensi wisata alamnya dibanding dengan di luar negeri. Dalam hati, saya berniat akan membangun Wisata Alam Indonesia bertaraf International.

Yang pertama saya kunjungi adalah Taman Nasional Baluran.

Saya bersama beberapa teman mendirikan PT Baluran Sabana Paradise (BSP). Kemudian mengajukan kepada Kementrian KLHK untuk mendapatkan Ijin IUPSWA . IUPSWA adalah izin usaha yang diberikan untuk penyediaan fasilitas sarana serta pelayanannya yang diperlukan dalam kegiatan pariwisata alam.

Dengan perjalanan yang amat panjang yg penuh suka duka, Alhamdulillah akhirnya tanggal 22 Juni 2020 kami secara resmi mendapatkan Ijin Definitif itu.

Impian yang kuat untuk membangun Wisata Alam Kelas Dunia tidak begitu saja akan terwujud tanpa team yang kuat. Tahun 2019, saya mengajak Gandung Troy Sulistyantoro sahabat saya sejak di UGM dulu untuk masuk kedalam PT BSP. Dan Alhamdulillah beliau mau dan mensupport habis.

Perombakan pengurus dilakukan dengan menempatkan pak Gandung sebagai Komisaris Utama. Dan saya tetap sebagai Direktur Utama.

Berbekal pengalaman tinggal di luar negeri selama 15 tahun, kami bertekad untuk membuat Baluran menjadi ” World Class Resort “.

Tahun lalu saya ikut promosi di WTM (World Travel Market) di London. Dua bulan kemudian saya pameran di Tokyo. Tema yang saya sajikan kepada pasar luar negeri selalu konsisten dengan tagline :

“Anda buka jendela kamar, sudah langsung bisa melihat satwa liar di alam beba “. Itulah keunikan  Resort yang kita bangun.

Respon dari pasar luar negeri sangat luar biasa. Beberapa kali orang jepang, kolega saya mereka mengunjungi Baluran . Dan mereka mengatakan “ini sangat laku kalau kamu jual di Jepang”.

Akhirnya kita mulai pembangunan Resort di Baluran pada tanggal 23 juli 2020 Dengan peletakan batu pertama oleh bapak Bupati Situbondo H. Dadang Sugiarto, SH.

Bupati sangat support terutama dalam mengusahakan pintu Exit Tol di Baluran. Sehingga nanti waktu tempuh dari Surabaya ke TN Baluran yang berjarak 290 km menjadi lebih singkat. Saat ini waktu tempuh Surabaya ke Baluran dengan mobil masih memerlukan waktu 5.5 Jam.  Tapi nanti dengan adanya tol ini waktu tempuh Surabaya ke Baluran hanya 2.5 Jam.

Tentu semuanya ini tidak lepas dari peran sentral Kementrian KLHK yang telah memberikan Ijin IUPSWA yang dalam hal ini diwakili oleh Dirjen KSDAE dan Kepala Balai TN Baluran, Bambang Sukendro maupun penerusnya Pujiadi.

Direktur Utama PT. BSP Hariyadi Budi Susanto menandatangani prasasti peletakan batu pertama pembangunan resort di Padang Savana Bekol, Taman Nasional Baluran Situbondo. (istimewa)

Saya jadi ingat cerita kisah nyata Kebesaran Hati Seorang Tenzing Norgay. Setelah Sir Edmund Hillary bersama Tenzing Norgay (pemandu) kembali dari puncak Mount Everest.

Wawancara seorang wartawan kepada Tenzing Morgan, pemandu wisata.

“Bagaimana perasaan Anda dengan keberhasilan menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia?”.

Tenzing Norgay : “Sangat senang sekali”.

Reporter : “Anda kan seorang Sherpa (pemandu) bagi Edmund Hillary, tentunya posisi Anda berada di depan dia, bukankah seharusnya Anda yang menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di puncak Mount Everest?”.

Tenzing Norgay: “Ya, benar sekali. Pada saat tinggal satu langkah mencapai puncak, saya persilahkan dia (Edmund Hillary) untuk menjejakkan kakinya & menjadi orang pertama di dunia yang berhasil menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia”.

Reporter : “Mengapa Anda lakukan itu?”

Tenzing Norgay : “Karena itulah IMPIAN Edmund Hillary, bukan impian saya. Impian saya hanyalah berhasil membantu dan mengantarkan dia meraih IMPIAN-nya”

Inilah yang saya rasakan ketika pak Gandung, sahabat saya mempersilahkan saya untuk menanda tangani Prasasti Peletakan Batu Pertama . Beliau lah orang yang sangat peduli untuk mewujudkan impian ini : “Baluran akan mempunyai World Class Resto & Resort “.

Keberhasilan mencapai Impian ini tentu tidak lepas dari dukungan semua pengurus dan pemegang saham serta para staf PT.Baluran Sabana Paradise.

Alhamdulillah, sebentar lagi : Impian akan jadi Kenyataan. Semoga semua dilancarkan oleh Allah SWT. Amin. (Hariyadi/ rin)





Apa Reaksi Anda?

Komentar