Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Mimpi Buruk yang Terlihat Nyata Pertanda Alami Vivid Dream, Ini Cara Mencegahnya

Andrea Piacquadio, pexel

Surabaya (beritajatim.com) – Vivid dream atau mimpi nyata memang tidak berbahaya, namun jika Anda mimpi buruk dan terlihat nyata ini dapat menyebabkan masalah kesehatan. Seperti mengantuk di siang hari, badmood seharian, enggan untuk tidur, hingga upaya bunuh diri.

Melansir dari Sleep foundation, mimpi buruk adalah bagian alami dari pemrosesan emosional dan pembentukan memori. Namun gangguan akibat mimpi buruk sering membuat kemampuan seseorang untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik jadi menurun. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya mimpi buruk yang terlihat nyata. Dari mulai dengan cara medis hingga perubahan gaya hidup. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah mimpi buruk yang terlihat nyata seperti dilansir dari berbagai sumber :

Mengatasi stres dan kecemasan

Setiap orang mengalami stres dan kecemasan, namun ada beberapa orang yang memiliki cara tersendiri dalam mengatasi masalah mereka. Jika Anda merasa bahwa tingkat stres dan kecemasan Anda tidak dapat dikendalikan, Anda mungkin dapat melakukan beberapa cara seperti meditasi, pernapasan dalam, teknik relaksasi, terapi seni, kegiatan lain yang dapat meredakan stres Anda.

Pola hidup sehat

Memperhatikan pola hidup sehat juga dapat mencegah terjadinya mimpi buruk nyata. Perhatikan pola makan dengan baik, menjaga berat badan ideal, tidur yang cukup, menjaga jadwal tidur yang teratur, mengonsumsi air putih yang cukup, dan menjaga kesehatan mental Anda dapat membantu mencegah mimpi buruk.

Perawatan medis

Jika mimpi Anda berhubungan dengan kondisi kesehatan mental atau fisik, Anda dapat mengurangi risiko mimpi nyata tersebut dengan mengobati atau membawa ke ahli medis. Kebanyakan dokter tidak merekomendasikan penggunaan obat-obatan untuk mengobati mimpi buruk yang nyata. Namun, dalam kasus mimpi buruk yang disebabkan oleh trauma, seperti gangguan stres pasca-trauma, dokter dapat mempertimbangkan untuk meresepkan obat tidur atau obat anti-kecemasan untuk membantu menginduksi tidur. [rsf/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar