Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Milenial, Hati-Hati Dengan Penyakti Ini

(Foto: National Cancer Institute, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kesehatan adalah salah satu nikmat yang paling besar dalam hidup manusia. Sehingga, ia perlu dijaga baik-baik. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa kualitas kesehatan kita sangat tergantung pada gaya hidup dan pola makan sehari-hari. Dan setiap orang, memiliki potensi yang sama terkena penyakit tertentu.

Namun, beberapa penyakit ini memiliki peluang lebih besar dialami oleh generasi milenial. Bukan karena ia milenial dan lahir dari rentang tahun tertentu melainkan, akibat dari gaya hidup mereka yang akrab dengan gawai.

Kebiasaan milenial yang menghabiskan banyak waktu di depan layar gawai, menurut para ahli kesehatan meningkatkan risiko terkena beberapa jenis penyakit tertentu. Ditambah, kebiaasaan begadang, mengonsumsi makanan cepat saji, dan malas berolahraga atau beraktivitas fisik semakin meningkatkan risiko tersebut.

Stroke

Sebagian besar orang berpikir bahwa stroke hanya mungkin terjadi pada orang-orang berusia lanjut. Akan tetapi, sebuah studi yang diterbitkan oleh JAMA Neurologi menunjukkan bahwa pasien-pasien yang menderita stroke iskemik akut adalah mereka yang berusia 18 hingga 34 tahun. Stroke iskemik sendiri terjadi karena terhalangnya pembuluh darah yang bertugas untuk menyuplai darah ke otak.

Obesitas

Selain stroke, obesitas juga menjadi penyakit yang sangat mungkin dimiliki oleh kelompok milenial. Jika tidak ada aksi yang dilakukan untuk menanganinya, obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan lainnya. Pada dasarnya, obesitas adalah sebuah permasalahan kompleks yang tidak hanya disebabkan oleh pola makan yang buruk, tapi juga karena lingkungan.

Selain membuat penampilan seseorang menjadi kurang menarik, obesitas juga dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan seperti diabetes melitus, stroke, dan serangan jantung.

Penyakit Jantung

Serangan jantung adalah penyakit yang identik dialami oleh orang-orang berusia lanjut. Akan tetapi, serangan jantung juga dapat menyerang mereka yang masih berusia tergolong muda. Penyebab utama dari penyakit ini adalah pola hidup yang kurang baik, seperti pola makan buruk, kurang aktivitas fisik, dan stres.

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan dengan kalori berlebihan yang tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang seimbang menjadi salah satu penyebab utama penyakit ini.

Gangguan Kesehatan Mental

Milenial memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki gangguan kesehatan mental. Salah satu penyebab utamanya adalah gaya hidup yang sangat dekat dengan teknologi, sosial media, dan lingkungan. Karenanya, milenial memiliki kemungkinan yang sangat tinggi untuk memiliki anxiety dan depresi. [dwp/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar