Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Meski Sehat, Sayur Mayur Ini Akan Berbahaya Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Magda,pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Untuk memenuhi gizi dalam tubuh, sayur merupakan komponen yang penting karena mengangung banyak nutrisi kaya manfaat. Namun ternyata, ada beberapa jenis sayur yang tidak baik jika dikonsumsi setiap hari. Bahkan jika terlalu sering, makanan sehat ini bisa menimbulkan bahaya dan dampak buruk bagi tubuh. Penasaran? Ini dia beberapa sayur yang harus dihindari untuk konsumsi setiap hari.

Wortel

Sayuran berwarna oranye ini memang memiliki banyakn kandungan vitamin, terutama vitamin A yang baik untuk indra pengelihatan, lalu karbohidrat dan air. Tapi ternyata, bila dikonsumsi secara berlebihan, wortel memiliki efek samping yang mengejutkan, yaitu perubahan warna pada kulit. Kulit secara perlahan akan berubah mengikuti warna wortel itu sendiri, kekuningan atau oranye. Ini karena kandungan betakaroten di dalamnya yang apabila menumpuk maka tidak akan masuk ke aliran darah, melainkan disimpan di bawah kulit. Perubahan ini akan lebih banyak terliat di kaki, tangan, dan telapak kaki, sifatnya pun hanya sementara.

Bayam

Kandungan zat besi, lutein, dan karotenoid yang ada dalam bayam memang baik untuk mencegah anemia dan menjaga kesehatan mata. Tapi jika dimakan setiap hari, ada kandungan oksalat yang bisa berubah menjadi Kristal dan menimbulkan batu ginjal. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi bayam satu sampai dua kali saja dalam atu minggu.

Brokoli

Sayuran hijau ini juga masuk dalam jajaran sayur yang tidak bisa disantap setiap hari. Ada kandungan gas tinggi yang berdampak pada perut kembung dan naiknya asam lambung. Usahakan pula untuk tidak memakan brokoli berbarengan den kol, karena keduanya akan menambah kandungan gas menjadi dua kali lipat lebih banyak.

Jagung

Jagung merupakan jenis sayur yang sering sekali kita konsumsi, ditambah lagi dengan berbagai olahan masakan, dibuat menjadi bakwan atau dimakan biasa. Tapi kandungan karbohidrat jagung ternyata sangat tinggi, apabila berlebihan maka tubuh kita menjadi sulit untuk mencerna. Selain itu terdapat pula kandunga gula yang mampu membuat gula darah kita meninggi.

Tomat

Sayur bulat berwarna merah ini juga mudah sekali kita temui, tidak hanya pada sayuran, tomat juga bisa menjadi resep tambahan untuk membuat sambal, bahkan bisa juga diolah menjadi jus yang segar. Sayangnya, tomat memiliki sifat asam yang jika dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan risiko maag, juga naiknya asam lambung. Selain itu, kelebihan tomat juga membuat kita mengalami inflamasi dan berdampak pada masalah sendi serta pembengkakan tubuh.

Terong

Siapa yang hobi makan olahan terong? Apalagi jika ditambah dengan sambel penyet serta lalapan, rasanya akan lezat sekali di lidah. Tapi sama seperti tomat, terong ternyata juga bisa menyebabkan inflamasi, ditambah lagi dengan kalori yang tinggi. Karakteristik terong jga menyebabkan sayuran lonjong itu lebih mudah menyerap minyak, lemak, dan garam spade tubuh sehingga gizi tidak seimbang.

Melalui penjelasan di atas, bukan berarti kita tidak boleh makan sayur sama sekali ya. Hanya saja, makanlah secukupnya dan sesuaikan dengan kebutuhan. Makan-makanan lain yang mengandung protein dan nutrisi lain agar gizi tubuh seimbang. [mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar