Gaya Hidup

Merasakan Sensasi Langsung ‘Feeding Time’ Komodo di KBS


Surabaya (beritajatim.com)
– Merasakan sensasi dan melihat langsung pemberian makan satwa buas dan langka seperti Komodo tentu bukan hal biasa.

Hal itulah yang dilakukan oleh PDTS (Perusahaan Daerah Taman Satwa) Kebun Binatang Surabaya, selasa (5/3) sebagai bentuk edukasi dan hiburan pada pengunjung.

Feeding time atau pemberian makan langsung pada komodo dilakukan langsung oleh perawat satwa setiap seminggu sekali dan hari-hari tertentu. Menurut salah satu perawat komodo di KBS. Qohar, acara feeding time ini juga dilakukan setiap tanggal 5 dan 20 setiap bulanya. Setiap minggu dan hari libur besar juga ada, katanya. 

Qohar, perawat satwa yang sudah tujuh tahun bekerja di KBS juga menuturkan bahwa feeding time ini adalah agenda rutin.

“Ada tanggalnya sendiri, sedangkan jika hari Minggu biasanya hanya sekedar “cemilan” dan menghibur pengunjung,” kata Qohar.

Ia juga menjelaskan kepada pengunjung saat feeding time berlangsung, Komodo di KBS ini biasanya diberi makan daging kambing, ayam, dan tikus putih.

Menurutnya, Komodo ini bagian dari jenis satwa endemik berdarah dingin. Pencernaanya lambat dan dibantu dengan sinar matahari. Selain Komodo, Feeding Time juga ada untuk Harimau, dan hewan lainya.

Komodo adalah jenis satwa endemik yang dilindungi oleh Undang-Undang Republik Indonesia. Jumlah komodo di KBS kini sudah berjumlah 142 ekor. Jumlah ini adalah salah satu yang terbesar di Indonesia yang dimiliki oleh lembaga konservasi, kata Chairul Anwar selaku Direktur PDTS KBS. (juf/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar