Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Menstruasi bisa Sampai Pingsan? Ini Penyebabnya

Photo by cottonbro from Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Memasuki waktu menstruasi memang kerap membuat para wanita was-was terlebih karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Hal ini juga membuat mood jadi berubah-ubah sehingga menimbulkan rasa sensitivitas yang tinggi pada perempuan, seperti halnya perasaan mudah marah bahkan pada hal-hal sepele.

Hal tersebut mungkin karena secara tidak langsung merupakan dampak dari timbulnya nyeri ketika seseorang sedang haid. Perasaan tidak nyaman sekaligus cukup menyakitkan itu yang akhirnya membuat sebagian orang sampai mengalami muntah hingga bahkan pingsan ketika sedang masa haid.

Sebagaimana diketahui menstruasi ialah proses dimana ketika sel telur tidak dibuahi oleh sperma yang kemudian mengakibatkan dinding rahim luruh hingga mengeluarkan darah. Dalam proses inilah hormone prostaglandin memicu kontraksi hingga kerap menimbulkan nyeri saat haid.

Meski menimbulkan nyeri namun penyebabnya cukup beragam, salah satunya ialah penyebab primer. Penyebab primer disebabkan karena adanya masalah pada otot rahim, biasanya rasa nyeri akan menjalar ke bagian tubuh lain, seperti pinggang, punggung, dan kaki. Namun, hal itu tergolong hal yang normal.

Selain primer, ada penyebab lain yang disebut dengan sekunder. Penyebab sekunder ini biasanya lebih ekstrim, bahkan hingga membuat seseorang muntah hingga pingsan. Jika sudah mengalami hal tersebut tentu ini merupakan sesuatu yang tidak normal. Faktor sekunder ini bisa disebabkan karena adanya tumor dalam otot rahim atau bahkan kista pada ovarium. Tentu hal itulah yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri cukup hebat ketika memasuki masa haid.

Untuk mengetahui antara nyeri normal atau tidak biasanya dapat diketahui dari timing-nya. Jika nyeri normal biasanya berlangsung sebelum atau pada awal-awal masa haid, namun yang tidak normal terjadi terus menerus dari awal hingga berakhirnya haid. Rasa nyeri dan sakit ketika menstruasi yang tidak normal tersebut akan meningkat pada setiap siklusnya.

Dari nyeri haid tidak normal tersebutlah yang akhirnya membuat psikis seseorang jadi ikut terganggu. Biasanya setiap akan memasuki waktu haid, ia akan stress hingga parno membayangkan rasa nyeri yang hebat, hingga akhirnya membuat pingsan. [fyi/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar