Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Mengurangi Risiko Diabetes Hingga Membuat Lebih Pintar, Ini Manfaat Minum Kopi

Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Kopi bisa dibilang sebagai doping yang bisa menunjang performa seseorang. Kopi juga punya segudang manfaat bagi yang mengkonsumsi. Saat Anda sedang bekerja berat lalu minum kopi, terkadang bisa meredakan beban. Namun, dalam konsumsi tetap harus sesuai takaran dan jangan sampai berlebihan. Berikut ini manfaat minum kopi sebagaimana dilansir dari healthy.harvard.edu.

1. Membantu pembakaran lemak

Salah satu penelitian menjelaskan jika kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme sebesar 3-11 persen. Peningkatan metabolisme ini dapat menunjang untuk pembakaran lemak sebesar 10 hingga 29 persen.

2. Mengurangi resiko diabetes

Dari penelitian tersebut juga menjelaskan jika orang yang minum kopi, rata-rata 25-50 persen lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes tipe 2. Untuk memaksimalkan khasiat ini sebaiknya tidak minum kopi dengan terlalu banyak gula.

 

3. Baik untuk kesehatan otak

Minum kopi juga dapat membantu berbagai penyakit saraf yang berkaitan dengan usia, mulai dari alzheimer hingga penyakit parkinson. Peminum kopi bisa sampai 65 persen lebih kecil kemungkinannya terkena Alzheimer. Kandungan yang terdapat dalam kopi menyebabkan fungsi otak lebih baik.

Kopi juga dianggap dapat meningkatkan kadar dopamin di dalam otak sehingga mengurangi risiko pengembangan penyakit Parkinson sebesar 32 hingga 60 persen.

 

4. Mencegah kanker hati dan kolorektal

Peminum kopi memiliki kemungkinan 40 persen lebih kecil terkena kanker hati dan 15 persen lebih kecil kemungkinannya terkena kanker kolorektal. Kopi kaya akan antioksidan yang bisa mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker hati dan kolorektal.

5. Membuat Lebih Pintar

Saat seseorang minum kopi, kafein di dalamnya memblokir neurotransmitter penghambat di otak yang disebut adenosin. Sehingga tidak ayal jika minum kopi kemudian melancarkan pikiran. Konsumsi kopi yang sesuai takaran disarankan dapat bermanfaat bagi seseorang lebih pintar karena stimulan psikoaktif.

Demikian beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh saat mengonsumsi kopi. Perlu diingat kopi yang baik adalah kopi tanpa campuran banyak bahan, atau pemanis buatan. Kopi yang bermanfaat juga kopi biji, bukan kopi instan yang hanya tinggal seduh. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar