Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Mengenal Kopi Kopyok Khas Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Kopi kopyok khas Gresik merupakan minuman legendaris bagi para penikmat kopi. Minuman ini dapat dibedakan dari kopi tubruk biasa.

Ciri khas kopi tersebut terletak pada tekstur biji kopi yang digiling kasar dan diseduh dengan air panas. Sebelum disajikan, ampas kopi yang mengapung harus di-kopyok atau diaduk terlebih dahulu sebelum dinikmati.

Kini kopi kopyok bisa dinikmati di hotel berbintang dan menjadi menu andalan dari bulan September hingga akhir Oktober 2021.

“Membahas Gresik tidak akan pernah luput dari perkembangan budaya ngopi di kota santri ini. Bahkan, Gresik disebut kota 1.000 warung kopi. Namun, sayangnya, orang-orang lebih familiar dengan kopi tubruk dan es kopi kekinian. Padahal di Gresik ini ada kopi khas yakni Kopi Kopyok,” ujar Paminta Nugraha, General Manager Aston Inn Gresik, Rabu (6/10/2021).

Kopi Kopyok menjadi salah satu menu andalan baru. Pasalnya, banyak tamu yang suka ‘ngopi’ ketika berkunjung ke hotel. Penjualan kopi ini menunjang 20 persen pendapatan food & beverage hotel.

“Meski tradisional kopi kopyok Aston Inn Gresik menggunakan 100 persen biji kopi robusta pilihan dan tanpa campuran pengental untuk menjaga kualitas rasa,” imbuh Nugraha.

Dengan adanya menu tradisional ini diharapkan mampu menjangkau segala kalangan, membuat tamu lebih nyaman ngopi di sini, serta lebih mengenalkan kopi kopyok khas Gresik ke khalayak luas. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar