Gaya Hidup

Mengenal Diderot effect, Jebakan yang Dapat Menguras Tabungan Sampai Bangkrut

Andrea, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Pernahkah kita merasa harus membeli barang yang kita ingin dengan alasan mau melengkapi barang yang sudah ada? Sseperti ketika kita sudah membeli sepatu merk tertentu, maka akan ada hasrat untuk membeli kaos dengan brand yang sama. Hingga merasa wajib dari ujung kepala sampai ujung kaki untuk mengenakan brand yang sama.

Awas, itu Diderot Effect. Diderot Effect diambil dari nama salah satu filsuf Perancis yang lahir pada tahun 1713 dan dikenal sebagai Sastrawan, Filsuf dan pemimpin redaktur dari Encyclopédie. Dia menjalani hidup dengan kemiskinan sampai di titik pada saat putrinya mau menikah, dia kebingungan untuk memakai gaun apa, lalu ketika Catherine yang Agung, Permaisuri Rusia, mendengar tentang masalah keuangan Diderot, dia menawarkan untuk membeli perpustakaannya dari dia seharga £1000 GBP, yaitu sekitar $50.000 USD pada dolar tahun 2015. Tiba-tiba Diderot mempunyai uang cadangan.

Lalu dia membeli gaun yang indah, dan disinilah jebakannya. Dia merasa jika gaun yang indah harus ditempatkan dengan barang-barang yang indah juga, akhirnya dia membeli karpet dari Dasmaskus, membeli cermin yang besar dan mendekorasi rumahnya.

Pembelian reaktif inilah yang disebut sebagai Diderot Effect. Diderot Effect menyatakan bahwa memperoleh kepemilikan baru sering kali menciptakan spiral konsumsi yang mengarahkan Anda untuk memperoleh lebih banyak hal baru. Akibatnya, kita akhirnya membeli barang-barang yang sebelumnya tidak pernah kita butuhkan untuk merasa bahagia atau puas.

Diderot effct memberi tahu kita bahwa hidup Anda hanya akan memiliki lebih banyak hal yang berjuang untuk mendapatkannya, jadi Anda perlu memahami cara mengatur, menghilangkan, dan fokus pada hal-hal yang penting.

Jika memang kita sudah merasa terkena Diderot Effect, maka coba pahami keadaan dalam diri sendiri dan kuasai nafsu atas kepemilikan, cobalah berfikir kembali apakah barang yang akan kita beli itu benar-benar kita butuh, atau hanya jebakan dari Diderot Effect. [dep/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar