Gaya Hidup

Mengenal Berbagai Macam Rempah-Rempah dan Khasiatnya

jmexclusives, pixabay

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia memang terkenal dengan rempah-rempahnya. Bahkan saat zaman penjajahan dulu, Belanda datang ke Indonesia untuk mengambil rempah-rempahnya. Ini bukan tanpa alasan, rempah-rempah Indonesia sudah terkenal akan khasiatnya ayang luar biasa. Selain di olah menjadi bahan-bahan masakan, rempah juga bisa disajikandalam bentuk minuman.

Meski begitu, masih banyak orang Indonesia sendiri yang belum mengenal jenis-jenis rempah, terlebih lagi, tidak mengetahui manfaat apa saja yang dihasilkan dari rempah. Oleh karena itu, berikut kami bahas secara singkat tentang beberapa rempah-rempah dan kegunaannya.

Jahe

Rempah yang satu ini mungkin tidak terlihat asing bagi kalian, bisa dikatakan bahwa setiap rumah pasti memiliki jahe. Tak hanya sebagai bumbu penyedap, tanaman ini seringkali diolah sebagai minuman untuk menghangatkan badan, bahkan dicampur dengan minuman lain seperti susu. Jahe kaya akan berbagai khasiat untuk kesehatan, bisa sebagai pereda mual dan mengobati rasa nyeri pada otot. Anti-inflamasi yang terkandung pada jahe begitu kuat sehingga ampuh untuk mengatasi rasa sakit.

Kayu manis

Bumbu ini sering digunakan saat membuat kue atau roti. Selain itu, ramuan ini juga terkenal sebagai minuman kesehatan. Senyawa cinnamaldehyde yang terkandng dalam kayu manis memiliki banyak sekali antioksidan. Selain bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol, khasiat utama kayu manis adalah mengendalikan gula darah. Caranya adalah dengan menlambatkan pencernaan karbohidrat serta meningkatkan sensitivitas hormone insulin.

Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga banyak ditemukan di dapur sebagai bumbu penambah rasa pada makanan. Kunyit juga mengandung antioksidan yang manjur untuk melawan kerusakan oksidati dan meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, kandungan ini disebut sebagai curcumin. Tanaman ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang ampuh mengatasi peradangan pada tubuh. Sebagai informasi, peradangan dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit kronis.

Cengkeh

Tanaman asal Maluku ini merupakan tanaman yang banyak sekali diincar oleh para penjajah, menyebabkan harganya sangat tinggi di negara lain. Ada beberapa kandungan yang ditemukan pada cengkeh danmemiliki berbagai khasiat. Seperti senyawa eugnol yang bersifat anestetik dan antiseptik, lalu ada juga senya flavonoid yang membantu meredakan peradangan dan mencegah rematik. Lebih lagi, cengkeh diyakini memiliki efek antimikroba yang mampu mengentikan pertumbuhan mikroorganisme terutama bakteri E.coli, bakteri ini telah menjadi sebab dari berbagai penyakit seperti diare.

Bawang Putih

Bawang putih juga termasuk dalam golongan bumbu dapur, selain bisa membuat rasa makanan lebih sedap dan lezat, bawang putih memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Di musim yang penuh penyakit ini, bawang putih rupanya bisa digunakan sebagai pereda flu atau pilek. Terutama, apabila dicampurkan dengan madu. Bawang putih juga bisa meningkatkan kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Sebenarnya, masih banyak rempah-rempah lain yang tidak kalah khasiat. Perbanyak asupan gizi tak hanya dari buah dan sayur, namun juga dari bumbu-bumbu dapur yang alami. Kita patut bangga sebagai orang Indonesia karena memiliki begitu banyak rempah-rempah yang nyatanya diincar oleh negara lain.[mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar