Gaya Hidup

Menengok Kodim 0825 Banyuwangi yang Makin Ramah dan Instagramable

Banyuwangi (beritajatim.com) – Komando Distrik Militer atau Kodim 0825 Banyuwangi berada di tengah-tengah kota. Keberadaannya, cukup mudah untuk dikenali ataupun dicari.

Letaknya tak jauh dari alun-alun kota di ujung timur Pulau Jawa ini. Mengambil corak warna hijau yang biasa pada umumnya, serta dilengkapi beberapa ornamen militer, semua orang pasti mengenalnya.

Salah satu sudut bangunan Kodim 0825 Banyuwangi yang kerap dijadikan spot foto para pengunjung.

Meski tampak sangar dan seram dari luar, tapi percayalah indah saat berada di dalam. Ya, berkat sentuhan Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli eko Purwanto, pangkalan militer ini justru menjadi daya tarik bagi pecinta fotografi.

Markas tentara ini tak lagi seram, bahkan tampak ramah bagi semua orang dan menarik untuk dikunjungi. Beberapa sudut bangunan tua ini justru didesain futuristik, bahkan dibuat spot foto yang tentunya kekinian dan instagramable.

Dari pintu masuk, disambut tulisan selamat datang yang menarik dengan ornamen batik Gajah Oling khas Banyuwangi. Bangunan dengan ciri khas suku Osing terdapat di bagian belakang.

Terdapat pula kursi yang terbuat dari rotan sebagai tempat duduk bersantai dan menunggu bagi para tamu. Semakin nyaman dengan suguhan pemandangan kolam renang dengan berbagai ikan di dalamnya.

Selain itu di depan kolam juga terdapat gazebo Balai Bengong yang sangat cocok sebagai tempat beristirahat atau atau santai sambil melihat suasana sekitar.

“Desainnya tetap tidak meninggalkan kesan kearifan lokal Banyuwangi. Ada rumah Osing, bahannya juga dari lokal,” kata Eko, Senin (8/3/2021).

Deretan kursi dari rotan menjadi ornamen menarik saat masuk di area tengah Kodim 0825 Banyuwangi.

Dandim juga membangun ruangan Lounge yang didalamnya terdapat mini bar. Tempat ini digunakan sebagai tempat transit para pejabat dari Kodam V/Brawijaya apabila berkunjung ke Makodim 0825.

“Kita juga membangun Aula Outdoor yang tetap menanamkan nuansa osing di dalamnya,” terangnya.

Ada hal menarik yang dilakukan oleh Kodim 0825 Banyuwangi ini. Menurutnya, perubahan yang dilakukan di lingkup kantor Kodim ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat agar tidak takut lagi berkunjung ke Kodim.

“Selama ini saya merasa masyarakat masih menganggap Kodim adalah tempat yang menakutkan untuk dikunjungi, bahkan berhenti di depan saja masyarakat mungkin tidak berani, jadi sesuai dengan slogan Profesional, Humanis dan Dicintai rakyat saya ingin merubah image menakutkan menjadi menyenangkan,” ungkap pria asal Semarang itu.

Wah, sudah seperti slogan Banyuwangi di era bupati yang dulu ya. Setiap tempat adalah destinasi. Jadi, Kodim 0825 Banyuwangi juga bisa jadi pilihan saat berkunjung ke sini.

“Jika Ingin mencari spot foto yang menarik tidak ada salahnya kita mengunjungi Kodim 0825 Banyuwangi, wawasan kebangsaan bertambah koleksi foto menarik juga bertambah,” pungkasnya. [rin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar