Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Menandakan Kesehatan Anda! Waspada, Jika Memiliki Tanda Berikut Pada Kuku

Designecologist, unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Perubahan kesehatan seseorang bisa diamati dari berbagai aspek yang ada pada tubuh. Baik dari segi fisik, mental, maupun psikis yang berubah bisa jadi itu awal dari perubahan kesehatan. Salah satu bagian yang tampak berubah saat kesehatan sedang ‘tidak baik-baik saja’ dapat dilihat dari kuku. Jika kuku Anda mengalami beberapa tanda berikut, waspadalah pada kesehatan.

Kuku kuning

Jika terjadi perubahan warna pada kuku Anda yang mulai tampak berwarna kuning maka waspadalah. Memang bisa saja warna kuning itu berasal dari penggunaan kuku akrilik atau cat kuku. Namun bila kuku kuning ini diikuti kondisi kuku lebih tebal, rapuh, dan kuning, infeksi jamur bisa menjadi penyebab.

Pada beberapa kasus, kuku kuning tersebut berkaitan dengan penyakit kompleks seperti diabetes, psoriasis, tiroid, atau penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis.

Kuku kering

Ketika kuku Anda kering, mudah retak atau rapuh itu bisa disebabkan karena terlalu banyak aktivitas dengan air. Itu juga disebabkan karena sering menggunakan penghapus cat kuku maupun terpapar bahan kimia (seperti produk pembersih). Kuku kering juga bisa terjadi saat tinggal di suatu wilayah dengan kelembaban rendah.

Namun kondisi kuku retak dan pecah juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur atau penyakit tiroid, khususnya hipotiroidisme. Kuku yang rapuh tersebut berasal dari tubuh yang kekurangan vitamin A dan C atau vitamin B biotin.

Clubbing

Clubbing merupakan gambaran dari kondisi kuku ketika ujung jari menjadi membesar sehingga kuku menjadi melengkung ke bawah. Kondisi ini bisa menjadi tanda oksigen rendah dalam darah yang juga berhubungan dengan penyakit paru-paru. Di samping itu, clubbing juga dapat dikaitkan dengan penyakit hati atau ginjal, penyakit jantung, penyakit radang usus, bahkan AIDS.

Bintik Putih

Bintik-bintik putih kecil di kuku biasanya merupakan hasil dari trauma kuku. Bila bintik putih itu tidak bertahan lama, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika bintik putih itu tidak kunjung hilang bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur.

Terus waspada dan peduli pada kesehatan Anda. Sebab kesehatan merupakan hal yang mahal juga penting untuk terus dijaga.[dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar