Gaya Hidup

MBS, Wisata Memasak Ikan Laut Sendiri di Gresik

Wisatawan Asal Mojokerto Sedang Memasak Ikan Laut di Wisata Muara Bengawan Solo (MBS)

Gresik (beritajatim.com) – Kabupaten Gresik terkenal dengan wisata religinya. Namun, kali ini ada wisata baru yakni memasak ikan laut sendiri sambil menyusuri aliran Sungai Bengawan Solo.

Wisata yang diberi nama Muara Bengawan Solo (MBS), berada di Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Untuk menuju ke lokasi wisata tersebut sangat mudah, tinggal mengikuti Jalan Pantura Daendels Gresik, atau sekitar 26 kilometer dari arah Kota Gresik.

Tarif masuk ke wisata MBS sangat terjangkau. Wisatawan hanya ditarik Rp 10.000 per orang untuk sewa perahu. Dengan menempuh jarak sekitar 15 menit, wisatawan langsung disuguhi beberapa fasilitas diantaranya spot foto selfie, motor ATV, gazebo, jogging track, flying fox, dan area perkemahan.

Bedanya, di wisata MBS para pengunjung bisa memasak sendiri kuliner khas Desa Pangkah Wetan. Dengan tarif Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu, tergantung menunya. Wisatawan bisa memasak sendiri hasil ikan tangkapan nelayan setempat.

“Wisata yang kami tawarkan ini lebih fokus ke kuliner. Dimana, para wisatawan bisa memasak atau membakar ikan sendiri,” ujar Kepala Desa Pangkah Wetan, Syaifullah Mahdi (Sandi) kepada beritajatim.com, Senin (6/01/2020).

Ia menjelaskan, wisata kuliner ini mengadopsi makanan khas Pantura Gresik. Hanya bedanya, wisatawan atau para pengunjung bisa memasak sendiri (Life Cooking). Semua makanan yang disediakan murni dari masyarakat Desa Pangkah Wetan. “Harapan kami dengan adanya wisata ini bisa menambah nilai tambah bagi masyarakat serta nelayan,” ungkapnya.

Sandi menambahkan, saat ini wisata yang dikembangkan MBS sewaktu libur natal dan baru sudah dikunjungi hampir 2000 pengunjung. Tidak hanya dari Gresik melainkan juga dari luar kota. “Saat libur sekolah dan tahun baru saja ada 782 orang yang mengunjungi MBS,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu wisatawan asal Mojokerto Woro Analupin mengatakan, wisata MBS di Desa Pangkah Wetan layak dikunjungi. Sesansinya sambil menyusuri muara Sungai Bengawan Solo juga ada kuliner khasnya dengan memasak sendiri. “Tempat wisatanya sangat alami sekali. Uniknya disini para pengunjung bisa memasak atau membakar ikan laut sendiri,” pungkasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar