Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Mau Terbitkan Buku? Jangan Lupa Blurb dan Sinopsis yang Keren

Daniel Mahendra, penulis dan pemilik penerbitan buku Epigraf [foto: Humas Unej]

Jember (beritajatim.com) – Daniel Mahendra, penulis dan pemilik penerbitan buku Epigraf, menekankan pentingnya penulis buku membuat blurb dan sinopsis yang keren. Blurb dan sinopsis tak kalah penting dibandingkan isi buku.

Blurb adalah bagian dari buku yang yang berisi ulasan mengenai buku dan bersifat promosi. Blurb ada di bagian paling belakang buku. Sementara sinopsis adalah ringkasan buku. Dua hal ini sekilas sama namun berbeda peruntukan.

Blurb ditujukan untuk calon pembaca atau pembeli buku. Selain melihat sampul muka buku yang menampilkan judul dan nama penulis, pembaca juga melihat blurb di sampul belakang. “Jika blurb ditulis dengan menarik maka akan memantik rasa ingin tahu dan minat baca yang ujungnya akan membeli buku,” kata Daniel, dalam acara Safari Literasi Nasional, di Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (5/2/2022), sebagaimana dilansir Humas Unej.

Ada dua cara menyajikan blurb yang diminati pembaca. Pertama adalah menulis isi yang paling menarik dari buku. “Selain itu, blrub juga bisa menggunakan pendapat endorser atau pakar di bidangnya untuk memberikan penekanan bahwa buku ini penting,” kata Daniel. Itulah kenapa ia menekankan kepada penulis agar piawai menulis blurb.

Sementara itu sinopsis ditujukan kepada penerbit buku. “Walaupun dari sisi materi atau naskah buku anda menarik, namun jika penulis gagal membuat sinopsis yang memikat, maka mungkin penerbit tidak tertarik mencetak buku itu,” kata Daniel.

Daniel menyarankan penulis menulis sinopsis dalam satu halaman saja. “Editor tidak punya banyak waktu membaca sinopsis yang masuk ke penerbitannya. Satu lagi jangan akhiri sinopsis Anda dengan pertanyaan terbuka sebab itu justru untuk pembaca,” katanya. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar