Gaya Hidup

Matos Jadi Mal Percontohan, Terapkan Protokol Kesehatan Berbasis Teknologi

Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata di Matos.

Malang (beritajatim.com) – Polresta Malang Kota menetapkan empat mal tangguh, yakni Transmart, Malang City Point (MCP), Mall Olympic Garden (MOG) dan Malang Town Square (Matos). Mal tersebut dituntut menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan pengunjung dan karyawan dari Covid-19.

Matos menjadi mal yang dianggap paling siap dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Mereka menggunakan teknologi dalam menerapkan protokol kesehatan. Dimulai dari mengisi data pengunjung sebelum masuk mal melalui aplikasi bernama Styles.

Bila di mal lain mereka mengisi data pengunjung dengan menulis di buku tamu, di Matos mereka menggunakan scan barcode dalam aplikasi itu. Biodata diisi terlebih dahulu melalui handphone, setelahnya tamu yang akan masuk tinggal melakukan scan untuk bisa masuk ke Matos.

“Aplikasi ini juga untuk memantau data pengunjung. Kita bisa tahu, per jam ini berapa yang masuk, jadi kita tidak akan over. Selain itu semua kita buat otomatis jadi biar tidak bersentuhan dengan tangan, mulai hand sanitizer, hingga lift,” ujar Director Matos Fifi Trisjanti, Rabu (24/6/2020).

Fifi mengatakan, setelah diresmikan oleh Polresta Malang Kota bersama Kodim 0833 Kota Malang, protokol kesehatan akan tetap dilakukan dengan ketat. Apalagi ada personel TNI dan Polri yang turut berjaga di Matos. Untuk eskalator, Matos juga memperhatikan jarak antar pengunjung, pun dengan di area makanan. Jarak antar pengunjung tidak berdekatan.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata mengapresiasi inovasi Matos dalam menerapkan protokol kesehatan. Dia berharap Matos menjadi mal percontohan di Malang dan Jawa Timur. Leonardus hanya memberikan catatam bahwa seluruh karyawan baik tenan maupun di departemen store harus menggunakan face shield atau pelindung wajah.

“Untuk di Matos ini saya apresiasi, protokol kesehatan sudah dilakukan dengan tepat, mereka juga melakukan teknologi untuk menghambat penyebaran Covid-19. Di sini bisa dijadikan role model untuk mal di Malang maupun Jawa Timur. Karyawan maupun tenant wajib menggunakan face shield,” tandasnya. [luc/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar