Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Masuk Kalender KEN 2022, Festival Reyog Ponorogo Ingin Jadi Top 10

Festival Reyog Ponorogo masuk agenda program KEN tahun ini. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Tidak hanya Gandrung Sewu Banyuwangi, gelaran Festival Reyog Ponorogo pun masuk kalender wisata kelas nasional. Ya, keduanya tersebut masuk dalam Kharisma Event Nasional (KEN) tahun 2022. Event tersebut merupakan buah kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah.

“Festival Reyog Ponorogo memang masuk kalender KEN tahun 2022,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbuparpora) Kabupaten Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, Senin (7/3/2022).

Judha mengatakan masuknya event Kabupaten Ponorogo kedalam salah satu penyelenggaraan KEN patut dibanggakan. Sebab nantinya, Pemkab Ponorogo akan berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk menyelenggarakan Festival Reyog Ponorogo. Dengan promosi lewat KEN 2022 ini, Judha ingin banyak wisatawan yang ke bumi reyog. Baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Tentu ini bakal meningkatkan kunjungan wisatawan. Sehingga kami akan memaksimalkan pemberdayaan potensi lokal. Endingnya bisa berdampak positif terhadap ekonomi serta sosial budayanya,” ungkap Judha.

Untuk mensukseskan event tersebut, Disbudparpora bakal mempersiapkan sarana dan prasarananya. Hal itu dilakukan semata-mata guna menunjang wisatawan yang nantinya akan ke Ponorogo. Judha berharap Festival Reyog Ponorogo ini nantinya bisa masuk ke Top 10 KEN. Namun, dengan catatan pelaksanaannya selalu terpogram tanggal dan bulan disetiap tahunnya. Dia mengaku bahwa untuk tahun ini rencana pelaksanaan masih ikut dengan perayaan grebeg suro.

“Ke depan Festival Reyog Ponorogo ini akan diusulkan pelaksanaan tiap tanggal 11 Agustus yang bertepatan dengan HUT Kabupaten Ponorogo. Biar event ini masuk Top 10 KEN,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kharisma Event Nusantara (KEN) ini merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas. Kharisma Event Nusantara 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar