Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Masuk di Era Digital, Cara Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

(Foto: Maël BALLAND, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Buku adalah jendela dunia, dan itu  sudah kita dengar sejak dahulu kala. Sedangkan membaca, adalah cara untuk menengok ke dalam jendela dan mencicipi rasa dunia-dunia yang ditawarkan oleh buku-buku tersebut. Membaca memberi kita tambahan wawasan, juga menyegarkan otak dan pengetahuan.

Namun, tak semua orang senang membaca buku. Bahkan, sering kali membaca buku lebih berfungsi sebagai obat tidur alih-alih menambah wawasan. Tapi, ia tetap perlu dibiasakan sejak dini. Membaca merupakan kebiasaan baik yang perlu kita tanamkan sejak dini pada anak.

Masuk pada era yang serba digital membuat kita diperhadapkan dengan sebuah tantangan untuk mendidik anak memiliki hobi membaca bahkan sejak dini. Ini adalah beberapa tips menarik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca anak di era digital:

Biasakan untuk memperkenalkan anak dengan bahan bacaan

Mulai dari membuat anak mengenal buku atau mengajarkan mereka untuk mengoleksinya. Kita bisa memperkenalkan mereka pada berbagai sumber bacaan yang ada di rumah. Faktanya buku memiliki nilai yang lebih tinggi dengan performa akademis yang lebih baik. Maka penting untuk kita dapat membangun kebiasaan membaca pada anak dengan menyediakan berbagai bahan bacaan menarik yang sesuai dengan usianya.

Lakukan Secara Rutin Untuk Selalu Membacakan cerita ke anak setiap hari

Ini menjadi langkah penting apalagi jika anak belum pandai membaca. Kita bisa memulai dengan membacakan buku pada anak untuk meningkatkan wawasan. Selain itu, hal ini akan menumbuhkan perasaan suka atau ketertarikan mereka pada buku.

Jika kita sering memberikan bahan bacaan, lama kelamaan mereka akan menyukai membaca sebagai kebiasaan. Ketika kita sudah selesai membaca cerita. Coba untuk menanyakan padanya bagian terfavoritnya. Secara tidak langsung, hal ini akan membantu anak memilih kata dan mengembangkan ketertarikan pada cerita selanjutnya.

Cobalah ajak mereka ke perpustakaan setidaknya seminggu sekali

Salah satu ruang yang mampu kita jadikan tempat anak mengenal lebih dalam tentang buku. Kita bisa mencoba dengan mengajak anak dengan mengunjungi perpustakaan umum. Selain itu supaya lebih terlibat, maka kita bisa membuatkan kartu keanggotaan setelah mengajak ke sana.

Ketika berada di perpustakaan buatla merasakan kenyamanan sehingga biarkan anak menikmati waktunya. Maka lebih baik untuk meluangkan waktu tanpa perlu terburu-buru. Selain itu, kita bisa membantu mereka mencari buku yang diinginkan. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar