Gaya Hidup

Manfaatkan Daun Turi Sebagai Minuman, Ini Manfaatnya…

Bojonegoro (beritajatim.com) – Selama ini banyak masyarakat memanfaatkan bunga dari pohon turi, tetapi belum memanfaatkan daunnya. Bunga turi merupakan salah satu komposisi dalam kuliner nasi pecel dan sayur asam khas Jawa. Lalu, olahan apa yang bisa memanfaatkan daun turi?

Seorang perangkat desa di Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Adib Nurdiyanto memanfaatkan bukan hanya bunga turi yang bisa dikonsumsi, tapi juga daunnya. Daun tersebut kemudian diolah untuk dimanfaatkan sebagai minuman.

Olahan minuman daun Turi itu bermula ketika Adib Nurdiyanto mengamati beberapa tanaman yang berada di halaman rumahnya. Dari sekian banyak tanaman tersebut ternyata ulat hijau banyak memakan daun turi dan tidak memakan daun yang lain disampingnya, seperti daun kenikir dan bayam.

“Mungkin daun Turi paling enak bagi ulat,” terbersit di pikiran Perangkat Desa ini. Dari situ kemudian dia mencari referensi kandungan daun turi.

Hasil penelusurannya di Jurnal Kesehatan, ternyata daun Turi mengandung vitamin A, kalsium, serat, saponin, protein, kalsium, besifosfor, sodium, riboflavin, niacin, vitamin C, dan juga tannin. Sebelumnya Adib sudah banyak menciptakan aneka minuman inovasi, semangat membuat minuman dari daun turi pun semakin kuat.

Adib menggunakan metode sederhana dengan perebusan dalam suhu terpantau. Karena memiliki bau yang agak menyengat, Adib menambahkan daun kenikir. “Komposisi dan suhu harus tepat, untuk menjaga kestabilan produk terkait dengan warna minuman ini,” ujar Adib saat ditemui di Rumah Kreatif Desa Mojodeso, Sabtu (20/7/2019).

Sesuai dengan zat yang terkandung dalam daun turi, banyak khasiat yang baik untuk kesehatan, terutama penderita gangguan darah tinggi atau hipertensi. Selain menjadi olahan minuman, hasil rebusan daun turi dan kenikir juga bisa jadi lalapan yang nikmat bersama sambal. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar