Gaya Hidup

Manfaat Mandi Air Hangat, Untuk Relaksasi dan Tidur Lebih Nyenyak

Rodnae Productions, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Mandi air hangat bagi sebagian orang dianggap kurang menyenangkan karena tidak membuat badan menjadi segar. Apalagi jika suhu udara sedang hangat atau panas. Namun bagi sebagian yang lain, mandi air hangat justru menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari.

Mandi air hangat memang menyenangkan karena saat kulit bersentuhan dengan air hangat dapat melepaskan hormon endorfin. Hormon inilah yang membuat rasa nyaman dana bahagia. Itu sebabnya mandi air hangat memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Apa aja sih manfaatnya? Yuk simak!

1) Merelaksasikan otot-otot tubuh Anda

Air panas melemaskan otot-otot Anda, karena menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga ada oksigenasi yang lebih besar.

Ini juga membantu meredakan nyeri otot dan kelelahan yang berasal dari latihan yang Anda lakukan di siang hari, baik berjalan, menaiki tangga, membawa benda atau berlatih olahraga apa pun. air panas berfungsi sebagai pelemas atau merelaksasikan otot secara alami yang sangat baik yang juga membantu Anda mengurangi peradangan.

2) Mengurangi kelelahan

Setiap hari, Anda tidak hanya melakukan latihan fisik tetapi sepanjang waktu Anda berpikir, menafsirkan apa yang Anda lihat dan rasakan, menganalisis, membuat keputusan, yang mengakibatkan kelelahan pikiran Anda.

Ada banyak cara untuk melupakan semua masalah, baik berolahraga, bermain video game, menjelajah jejaring sosial atau menonton televisi, tetapi anda bisa mengurangi kelelahan dengan mandi air panas.

3) Meredakan sakit kepala

Sakit kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah Anda. Inilah sebabnya mengapa obat untuk mengobati rasa sakit ini ditujukan untuk menghilangkan tekanan.

Inilah tepatnya yang dapat dilakukan mandi air panas untuk Anda, mengendurkan tekanan darah yang memungkinkan oksigen mencapai sel-sel tubuh Anda, termasuk otak Anda.

4) Menenangkan kecemasan

Relaksasi yang dihasilkan oleh mandi air panas adalah pengobatan yang sangat efektif melawan stres dan kecemasan karena menenangkan otot dan pikiran Anda.

Ini adalah momen yang tak baik bagi Anda untuk berlatih meditasi. karena Anda sendirian, tanpa gangguan dan air juga berfungsi sebagai pijatan yang sangat baik untuk tubuh Anda.

7) Anda akan tidur lebih nyenyak

Setelah berendam dalam air panas, Anda mungkin sudah merasa tenang, rileks, dan siap untuk tidur. Ketika udara segar menyentuh kulit Anda ketika Anda meninggalkan kamar mandi, otak Anda juga melepaskan melatonin, hormon yang dapat membantu Anda tertidur lebih mudah. Wisatawan sering menggunakan melatonin sebagai suplemen untuk membantu mereka menyesuaikan diri dengan zona waktu baru, tetapi Anda bisa mendapatkannya secara alami dengan mandi air panas sebelum tidur.[rad/esd]



Apa Reaksi Anda?

Komentar