Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Mancing Ikan Nila untuk Lomba dan Harian? Ini Resepnya

Pemancing memamerkan ikan di tepi kolam

Jombang (beritajatim.com) – Ikan nila atau mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang paling banyak diminat. Ikan nila berasal dari Afrika termasuk ikan invasif yang menyebar di perairan air tawar di Indonesia. Selain dagingnya yang lezat untuk dikonsumsi juga mudah dibudidayakan.

Sebaiknya sebelum memancing ikan nila, ada baiknya kita juga wajib menggunakan cara jitu. Yakni memancing ikan nila menggunakan pellet di kolam lomba dan harian. Nila termasuk ikan omnivora yaitu pemakan segala. Untuk menarik ikan nila para pemancing juga perlu beberapa tips ampuh untuk menaklukan ikan mujair atau nila yang terbiasa membuat sarang berupa lubang di dasar empang.

“Hal pertama yang harus diperhatikan saat memancing adalah mencari terlebih dulu lubang-lubang tersebut. Untuk piranti pancing yang digunakan, bisa memakai senar ukuran 4-8 lbs, disesuaikan dengan reel dan joran,” kata Kausar, pemancing senior asal Jombang Kausar MD, Selasa (24/5/2022).

“Untuk ukuran mata kail sekitar 7-11 lbs. Memancing ikan nila bisa menggunakan pancingan tegeg tanpa ril. Dengan rangkaian seperti mancing ikan mas berpelampung, model pelampung boleh bulat atau model bulu dengan pemberat sebesar biji kedelai,” lanjutnya.

Menurut Kausar, penggunaan mata kail engkel satu mata kail (perlombaan) ataupun dirangkai 2 dan 3 mata kail. Kemudian disetel pelampung sepanjang kedalaman rata-rata kolam. Lalu menggunakan joran yang mudah untuk melempar umpan. Kausar berpesan agar ukuran bandul jangan terlalu besar.

Untuk lebih efektifnya, lanjutnya, sebelum memancing harus tahu teknik mengumpulkan ikan nila agar betah di lapak pemanicng. “Ambil satu bungkus ‘Radja Pellet’ campurkan dengan pellet bandul seperempat kilogram. Lalu taburkan atau bandul di titik lempar kita,” ujar Kausar.

Pemancing menunjukkan “Radja Pellet’ yang digunakan untuk umpan ikan nila

Menurut Kausar, salah satu pellet terbaik saat ini untuk semua ikan air tawar, pihaknya merekomendasikan ‘Radja Pellet’ umpan praktis siap pakai dengan kandungan protein 45 persen. Itu sangat disukai segala macam ikan air tawar. Selain untuk umpan ampuh ikan nila/mujair pelet ini juga bagus untuk ikan air tawar lainnya seperti patin, bawal, ikan mas, lele, wader, bader, tawes, dan lain sebagainya. “Jadi cocok digunakan untuk kolam campur sari,” katanya.

“Untuk memancing ikan nila lomba dan harian ambil satu bungkus ‘Radja Pellet’ campur dengan air secukupnya. Tujuannya, membuat tekstur pelet lebih lembek dan mudah untuk dikaitkan dengan kail pancing. Lebih bagus lagi bisa ditambahan aroma/essense Maxpro, dan kroto juga Protein Powder untuk menambah selera makan ikan nila. Selamat mencoba salam strike,” pungkas Kausar. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar