Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Malas Memasak di Pagi Hari? Intip Inspirasi Menu Sarapan Sederhana yang Bisa Dicoba

Ioana Motoc, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Sebelum memulai kegiatan dan beraktivitas, kita harus memulai hari dengan sarapan. Ini karena sarapan sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi otak sehingga bisa lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Begitu juga dengan anak-anak sekolah, saat tidak sarapan akan cenderung lemas dan mengantuk, karena belum adanya energy yang masuk.

Biasanya, “tidak sempat” menjadi alasan bagi mereka yang malas untuk sarapan. Nah, kami memberikan beberapa tips menu sarapan yang simple dan tentunya akan “sempat” dengan kesibukan di pagi hari.

1. Omelet Keju

Selain mudah ditemukan dan sederhana untuk diolah, telur memiliki nutrisi yang tinggi, terutama protein. Rasanya juga enak dan renyah, bisa menjadi solusi untuk melakukan sarapan pagi. Hanya dengan telur, keju, dan tambahan wortel jika mau, kalian tinggal mengocok semua bahan menjadi satu. Lalu goreng di atas wajah panas. Setelah matang, omelet siap dihidangakan.

2. Roti Selai Panggang

Jika tak ingin memulai hari dengan makanan berat, roti juga bisa menjadi alternatif lain. Sama seeperti nasi, roti juga memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk tubuh, sehingga bisa membuat kita lebih berenergi. Cukup dengan oleskan selai dengan rasa yang kita suka pada roti. Apabila tak ada alat pemanggang, kalian bisa menggunakan Teflon yang sudah diolesi margarin untuk memanggang roti. Angkat jika warna sudah kecokelatan sehingga tidak sampai gosong.

3. Banana Smoothies

Tak harus selalu mengisi perut dengan makanan,kalian juga bisa mengonsumsi smoothies di pagi hari. Jangan khawatir, karena banana smoothies hanya memerlukan bahan seperti buah pisang, yogurt, dan air es. Potong-potong kecil buah pisang, lalu blender bersamaan dengan yogurt dan air es. Setelah melebur secara merata, banana smoothies bisa dihidangkan. Bisa juga menjadi alternatif bagi kalian yang ingin meminumnya di perjalanan menuju kantor atau sekolah.

4. Pancake Pisang

Masih dengan buah pisang yang enak, kali ini kalian bisa mengolahnya bersama dengan pancake yang empuk. Dua kombinasi ini akan terasa lezat di dalam mulut. Cukup siapkan telur, tepung terigu, susu, dan tentu saja buah pisang. Kalian bisa mencampurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu dan aduk hingga rata. Lalu siapkan panic panas yang sudah dilapisi butter, dan masak hingga menunjukkan warna kecokelatan. Jangan lupa untuk menuangkan madu di atas pancake yang sudah matang agar cita rasanya lebih pas.

5. Tortilla Wrap

Menu yang satu ini mungkin sedikit membutuhkan banyak waktu daripada yang lainnya. Jika tidak ingin terburu-buru di pagi hari, kalian bisa membuat kulit tortilla di malam hari dengan bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung beras, garam, baking powder, minyak goreng, dan air. Kalian bisa mencampurkan tepung terih, tepung beras, garam dan baking powder menjadi satu kemudian di aduk rata, tambahkan air sedikit demi sedikit sembari mengaduk adonan. Tambahkan juga minyak goreng agar kulit tortilla tidak menempel di teflon saat digoreng.

Ambil satu sendok tortilla dan ratakan di atas Teflon. Masak hingga berubah warna dan lebih kering. Kulit tortilla yang sudah jadi bisa diisi dengan bahan makanan kesukaan kalian, seperti nugget, selada, keju, mayonnaise yang kalian bungkus menjadi satu di dalam kulit tortilla. Tara! Makanan simple ala Florida ini sudah bisa kita sajikan.

Nah bagaimana? Tidak rumit kan untuk membuat menu sarapan sederhana yang bisa dinikmati diri sendiri atau keluarga. Jadi, selalu sempatkan untuk sarapan karena baik untuk tubuh dalam jangka waktu yang panjang.[mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar