Gaya Hidup

Makna di Balik Lukisan Pahlawan Bermasker

Jombang (beritajatim.com) – Cara berbeda dilakukan Komunitas Pelukis (Kopi) Jombang dalam menyambut Hari Pahlawan 10 November. Mereka melukis wajah pahlawan nasional. Namun bukan gambar pada umumnya. Para seniman ini menambahkan masker pada lukisan tersebut. Tentu saja, ada Bung Karno bermasker dalam lukisan itu.

Lukisan tersebut menyamapaikan pesan bahwa saat ini perjuangan bukan lagi melawan kolonialisme. Akan tetapi, perjuangan dilakukan untuk mengusir pandemi Covid-19. Nah, senjata yang ampuh untuk perang saat ini adalah masker. Karena dengan memakai masker bisa saling melindungi dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Lukisan pahlawan bermasker ini memiliki makna cukup dalam. Kalau perang masa lalu melawan penjajahan. Kalau perjuangan saat ini berperang melawan ganasnya Covid-19. Oleh karena itu, senjata yang paling tepat dalam perang saat ini adalah masker,” kata Sugeng Hartodi, salah satu pelukis, Senin (9/11/2020).

Melukis bersama ini digelar di halaman pendapa Kabupaten Jombang, Sejumlah pelukis nampak sibuk menggoreskan kuas di atas kanvas. Perpaduan warna satu dengan warna lainnya menghasilkan warna yang cukup menarik. Selain lukisan pahlawan nasional, ada juga lukisan ikan besar dan kecil. Tak jauh dari kepala ikan tersebut juga terdapat gambar masker.

Lagi-lagi makna gambar tersebut, menurut Sugeng Hartodi, sebagai media pengingat bagi masyarakat, baik kalangan kecil maupun orang besar, agar bis bersama-sama berjuang melawan covid-19 ini. Karena wabah untuk melawan wabah tersebut tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri.

Sugeng Hartodi menjelaskan, ada 20 lebih pelukis yang turut dalam aksi peringatan Hari Pahlawan ini. Dia berharap, pandemi covid-19 yang sudah sekitar 7 bulan melanda ini segera berakhir.

“Baik orang besar maupun orang kecil harus kompak dalam perang melawan Covid-19. Seperti makna yang tersirat dalam lukisan ikan dan masker itu,” ujar pelukis Jombang ini sembari menunjuk lukisan yang dimaksud. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar