Gaya Hidup

Maestro Gandrung Banyuwangi Sakit

Banyuwangi (beritajatim.com) – Warga Banyuwangi tak asing dengan nama Supinah. Gerak dan lantunan suara sebagai sinden gandrung khas di telinga. Ya, dia adalah salah satu maestro gandrung di Bumi Blambangan ini.

Beberapa hari terakhir, kabar kurang baik hadir darinya. Supinah tergolek lemah di salah satu ruangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan. Ia mengeluh sakit pada lambungnya. Bahkan ada komplikasi karena mengidap diabetes.

Cerita kecil menyeletuk, kalau Dia ternyata memang kecapekan. Karena berlatih tari bersama penari gandrung menyiapkan pagelaran Maestro Gandrung. “Mungkin saya juga kecapekan ya Pak. Keterusan berlatih, sampai lupa kalau saya harus istirahat menyesuaikan usia saya,” tutur Supinah sambil berbaring lemas, Sabtu (17/10/2020).

Dia tak sendiri kala itu. Sang Legenda Gandrung lain yaitu Temu Misti juga tampak menemaninya. Sesaat kemudian, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjenguknya. Kedatangannya untuk memberikan semangat kepada Supinah agar bersabar dan berdoa supaya segera diberikan kesembuhan. “Tetap semangat dan jangan lupa berdoa segera diangkat penyakitnya, diberi kesembuhan nggih Bu. Nanti kalau sudah sembuh jangan lupa untuk menjaga asupannya,” kata Anas.

Anas berdoa agar Supinah segera diberikan kesembuhan, dan segera pulih untuk bisa menjalankan aktivitasnya kembali. Anas berpesan kepada dua maestro Gandrung tersebut untuk terus menjaga hidupnya. “Semoga ibu diberi sehat segera, bisa manggung lagi. Istirahat yang baik, latihan dan tampilnya boleh, tapi tetap ingat kondisi tubuh ya Bu,” kata Anas.

Sejak Bupati Anas menjabat, kesenian merupakan instrumen penting untuk mengembangkan sektor pariwisata. Pelaku seni dan budaya menjadi bagian penting aset daerah yang terus diperhatikan keberadaannya.

“Beliau-beliau telah berperan penting dalam mengangkat nama Banyuwangi ke kancah nasional bahkan internasional. Mohon doa kepada rakyat Banyuwangi agar para maestro seni Banyuwangi selalu diberi kesehatan dan keberkahan,” kata Anas.

Supinah, merupakan salah satu penari Gandrung senior di Banyuwangi. Supinah menjadi penari Gandrung sejak tahun 1979, dan berkesempatan menari Gandrung di beberapa negara seperti Singapura, Korea Utara, Cina, dan Amerika Serikat. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar