Gaya Hidup

Lambung Pemilik Diah Cookies Sempat Sakit Jelang Beri Pengumuman, dan Karyawan pun Menangis

Surabaya (beritajatim.com) – Para pengusaha UMKM terkena dampak pandemi virus Corona. Bahkan mereka harus rela merumahkan karyawannya sementara waktu.

Seperti produksi Diah Cookies yang terpaksa harus merumahkan 16 karyawannya karena produksi kue miliknya sudah tak lagi bisa mengepul. Kondisi itu akibat penjualan yang mandek.

“Gimana mau produksi, lah wong stok saya masih ada 6000 toples. Jadi ya terpaksa merumahkan para pegawai,” kata Diah.

Sambil mata berkaca-kaca ia menceritakan awal keputusan merumahkan 16 karyawannya. Saat itu ia sempat kebingungan dan tak enak hati untuk mengucapkan kalimat tersebut. Sehingga ia mencari alasan lain supaya para karyawannya bisa menerima keputusannya.

“Haduh sebelum saya omongkan ke-16 karyawan, saya sempat galau waktu itu sampai seminggu. Maag saya kambuh, dan pada akhirnya waktu saya bilang, mereka nangis di depan saya,” kenang Diah.

Namun tangisan itu tak kuasa untuk merubah keadaan, Diah tetap bulat untuk merumahkan karyawannya. Sementara saat ini yang bekerja tinggal 2 orang. Kedua orang itu, bertugas untuk mengurus kas adminitrasi keuangannya dan mempacking orderan kue kering.

“Ya tapi mereka jamnya saya shift. Tapi kalau ya bagian produksi saya liburkan. Soalnya belum ada produksi yang dikerjakan,” papar Diah.

Di kesempatan yang sama, Diah juga mengaku setelah mengambil keputusan untuk merumahkan karyawannya ini, ia juga memikirkan nasib mereka. Karena rata-rata penghasilannya hanya dari bekerja di tempatnya saja.

Walaupun begitu, Diah tak menyarankan para karyawannya untuk mengikuti pra kerja, yakni sebuah program Pemerintah untuk para karyawan yang terkena imbas dari corona. Ia menilai seluruh pekerja yang dirumahkan ini adalah usia dimana mereka sudah jauh dari produktif.

“Ya mereka gak tahu gitu-gitu. Daripada program gitu mending uangnya buat lockdown, karena mereka rata-rata ibu rumah tangga,” ujar Diah.

Diah berharap massa pandemi ini segera berlalu, supaya tidak ada orang yang kehilangan pekerjaannya. Serta para pengusaha seperti dirinya bisa kembali bangkit dan kembali berjualan secara normal.

“Semua pasti memiliki harapan yang sama, supaya pandemi ini segera berlalu. Agar semua bisa kembali berjalan seperti semula, tak lagi ada yang di rumah saja, atau orang kehilangan pekerjaannya lagi,” harap Diah. [way/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar