Gaya Hidup

Lima Komunitas Motor di Bangkalan Gelar Senam Bareng Sebelum Donor Darah

Madura (beritajatim.com) – Lima komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Bangkalan menggelar aksi sosial dengan berdonor darah di halaman warung kopi Fafa Bangkalan. Senam menjadi acara pembuka sebelum mereka diambil darahnya.

Koordinator Bold Riders Bangkalan Eka Sulawestara mengatakan pihaknya sudah menyediakan instruktur senam aerobik bagi para pendonor. Setelah senam, hasilnya juga cukup memuaskan. Dari 42 peserta donor, semua bisa diambil darahnya oleh petugas PMI, tidak ada peserta yang ditolak karena alasan kesehatan seperti tekanan darah maupun faktor kesehatan lainnya.

“Jauh-jauh hari sebelumnya sudah kami minta para anggota komunitas untuk menjaga kesehatannya, jangan terlalu capek. Berdasarkan pengalaman kondisi pendonor, mereka akan gagal ikut donor darah,” kata Eka, Selasa (3/11/2020).

Selain senam, sebelum donor darah, anggota komunitas Bold Riders ini juga keliling Kota Bangkalan sambil membagikan masker kepada masyarakat. Mereka juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait protokol pencegahan penyebaran COVID-19, seperti harus memakai masker, menjaga jarak interaksi, hingga cuci tangan dan membawa hand sanitizer.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada para komunitas Bold Riders, PMI, warkop Fafa, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (*/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar