Gaya Hidup

Libur Lebaran Jatim Park Datangkan Dua Hewan Purba

Malang (beritajatim.com) – Libur lebaran 2019 Jatim Park 2 atau Secreet Zoo mendatangkan dua hewan purba yakni Komodo. Komodo ini didatangkan untuk menarik kedatangan wisatawan selama libur lebaran 2019 ini.

Dokter Hewan Jatim Park 2, Prista Dwi Restanti mengatakan, dua komodo yang didapat oleh Jatim Park mulanya merupakan titipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pada tahun 2017. Pada tahun 2018 hewan yang dijuluki Dinosaurus Terakhir ini resmi menjadi milik Jatim Park.

“Umurnya 5 tahunan jenis kelamin tidak bisa secara kasat mata harus diteliti lagi, tapi kemungkinan keduanya jantan. Kita buatkan kandang baru yang lebih tertutup, agar komodo merasa seperti di habitat asalnya,” kata Prista, Senin, (10/6/2019).

Jatim Park mendesain kandang baru dengan memberikan beberapa ornamen tumbuhan, medan tanah dan berpasir agar menyerupai pantai di Pulau Komodo. Selain itu, kandang baru dibuat lebih hangat dengan bangunan tertutup dan diberi lampu penghangat.

Sebab, suhu di Kota Batu lebih dingin ketimbang Pulau Komodo di NTT. Suhu di Kota Batu yang mencapai 15 derajat celcius dianggap lebih dingin ketimbang di NTT yang mencapai 35 derajat celcius. Pengelola memberi lampu khusus termasuk lampu UC fungsinya untuk menjaga suhu panas.

“Biasanya mereka kan hidup di pantai sedangkan disini suhu di bawah 20 derajat. Kalau dengan lampu bisa sampai 25 derajat kalau di tempat asli mereka suhunya bisa 35 derajat sehingga kita jaga suhu itu agar tetap panas. Dan kita bentuk lampu itu buka-tutup sehingga saat siang hari mereka bisa mendapat sinar matahari secara langsung,” papar Prista.

Selain menjadi koleksi Jatim Park 2, dua komodo juga bakal dilakukan pengembang biakan. Saat usia komodo dan ukuran siap untuk dikawinkan, Jatim Park bakal melakukan kerjasama dengan kebun binatang lain untuk melakukan pengembang biakan.

“Kami akan bekerjasama dengan kebun binatang lain, untuk mencari betina. Biasanya pengembang biakan saat usia 5 tahun. Juga tergantung ukuran badan dan masa pengembang biakan,” tandas Prista. (luc)

Apa Reaksi Anda?

Komentar