Gaya Hidup

Lewat PIMFF 2019, Kenalkan Ponorogo ke Kancah Internasional

Ponorogo (beritajatim.com) – Ponorogo meneguhkan diri sebagai kota budaya. Selain memiliki kesenian Reyog yang sudah mendunia. Ponorogo tahun ini juga menggelar acara budaya yang tidak hanya berskala nasional, namun juga skala internasional. Yakni Ponorogo International Mask and Folklore Festival (PIMFF) 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 27-30 Juli 2019.

Festival topeng dan cerita rakyat pertama di Bumi Reyog ini menghadirkan berbagai kesenian dan kebudayaan dari Indonesia dan tujuh negara. Dimana dalam PIMFF 2019 menghadirkan tujuh kelompok kesenian dari tujuh negara. Diantaranya, Sooyoung Yaryu (Korsel), Folklore Ensemble Kopaniciar (Slovakia), Arts and Culture Association Timor Furak (Timor Leste), Nurafshon Folk Dance Group (Uzbekistan), Grupo Folk Alianza (Meksiko), Razdolie (Rusia), Fuego Morlaco (Ekuador).

“2019 ini merupakan tahun wisata untuk Ponorogo. Makanya kami gelar berbagai event, baik nasional maupun internasional. Salah satunya ya PIMFF ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo Slamet Lilik Raharjo, Minggu (27/7/2019).

Lilik sapaannya mengungkapkan sampai bulan ini sudah ada 500 ribu wisatawan yang berkunjung ke Bumi Reyog.Tingginya animo wisatawan ke Ponorogo ini, kata Lilik selain banyak event yang diadakan Pemkab. Masyarakat Ponorogo juga menggelar secara mandiri.

“Jadi kemeriahan event yang digelar pemkab, memicu munculnya banyak event-event lain yang digelar oleh masyarakat secara mandiri,” katanya.

Sementara itu bupati Ipong Muchlissoni menyebut gelaran PIMFF 2019 semakin meneguhkan Ponorogo sebagai kabupaten seni dan budaya. Dia optimis lewat berbagai event yang digelar, tahun ini bisa mendatangkan satu juta wisatawan ke Ponorogo. Ke depan Ipong ingin mengembangkan PIMFF lebih besar lagi. PIMFF menjadi ruang akulturasi budaya, sekaligus mengenalkan Ponorogo ke kancah internasional. “Salah satu caranya dengan mengolaborasi reyog dengan kesenian dari mancanegara tersebut,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar