Gaya Hidup

Lebaran, Tempat Wisata Sarangan Magetan Tetap Dibuka

Kawasan wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan. (Foto/Ade Mas Satrio).

Magetan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Magetan tetap membuka kawasan wisata Telaga Sarangan pada libur lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Namun demikian pembatasan tetap diberlakukan, hanya 50 persen dari kapasitas untuk memutus mata rantai corona virus disease atau Covid-19.

“Selama liburan lebaran ini jumlah wisatawan yang datang ke Telaga Sarangan dibatasi hingga 50 persen dari kapasitas,” kata Kadisparbud Magetan Joko Trihono kepada beritajatim.com, Kamis (6/5/2021).

Ia menambahkan, jumlah pengunjung yang masuk juga terbatas. Secara hitung kasar, lebar jalan 2,5 meter dengan keliling telaga sepanjang 2,5 kilometer. Jika diestimasi jarak antara pengnjung sekitar 1,5 meter, maka maksimum Sarangan bisa menampung sebanyak 10.000 pengunjung.

“Itu maksimal, tapi sampai kini jumlah kunjungan masih relatif di angka 1.000 hingga 2.000 kunjungan, meski maksimal saat liburan bsia mencapai 20.000 kunjungan” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kebijakan ini berlaku untuk semua objek wisata yang ada di Magetan tidak hanya Telaga Sarangan. Selain itu, objek wisata yang bersangkutan juga harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pembatasan pengunjung ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19, sementara perekonomian di sektor pariwisata terus berjalan meski dalam kondisi pandemi,” ujarnya.

Menurutnya, meski tidak melarang tempat wisata beroperasi, tetapi pihaknya menyarankan masyarakat khususnya wilayah karisidenan Madiun untuk mengisi liburan dengan berkumpul dengan keluarga di rumah.

“Warga yang memaksakan diri ingin berwisata, maka harus mempersiapan diri dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat,” tandasnya.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar