Gaya Hidup

LDR? Lakukan Hal Ini Agar Hubungan Langgeng dan Tetap Harmonis

(Foto: RODNAE Productions, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Beberapa pasangan harus menjalani hubungan jarak jauh karena satu dan lain hal. LDR atau Long Distance Relationship biasanya menjadi momok tersendiri bagi sebagian pasangan. Tak jarang mereka menjadi sering khawatir, atau semakin posesif mengingat tidak akan sering bertemu. Atau ada juga yang memutuskan untuk berpisah karena merasa hubungan LDR tidak berjalan dengan baik.

Saat terpisah jarak, artinya komunikasi akan lebih sering melalui smartphone, seperti via chat dan telefon. Meski teknologi memungkingkan kita bertemu secara virtual namun, rasanya tetap tak akan sama dengan bertemu langsung. Banyak terjadi kesalahpahaman apabila komunikasi hanya melalui ponsel, biasanya konflik akan menumpuk apabila tidak dibicarakan secara langsung. Belum lagi rasa bosan yang datang karena gaya pacaran yang itu-itu saja.

Tidak perlu khawatir, LDR bisa berjalan dengan lancar asalkan ada komitmen yang kuat diantara keduanya. Bagi kalian pejuang LDR, kami berikan beberapa tips yang akan membuat hubungan menjadi langgeng dan tetap harmonis.

1. Komunikasi

Kunci penting dari hubungan jarak jauh adalah komunikasi. Usahakan untuk selalu menyempatkan waktu memberi kabar pasangan. Sempatkan juga untuk melakukan panggilan telfon, saling menceritakan bagaimana hari-hari kalian dan lain-lain.

Selain itu, tidak masalah untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan pada pasangan. Apabila kita memendam rasa kesal atau amarah, bisa menjadi tumpukan emosi yang akan meledak sewaktu-waktu. Saat ada permasalahan, selalu gunakan telfon untuk menyelesaikannya, dan jangan ditunda-tunda.

Bicarakan akar permasalahan dan cari solusi bersama. Pertengkaran yang dilakukan via chat, biasanya menimbulkan salah paham yang baru, karena tidak mengetahui bagaimana nada bicaranya sehingga akan terkesan emosional.

2. Komitmen

Sebuah hubungan akan percuma bila tidak ada komitmen, ini berlaku juga bagi yang tidak sedang berada dalam hubungan jarak jauh. Pertanyakan komitmen masing-masing karena itu yang bisa menguatkan. Tentukan tujuan dalam hubungan kalian, agar ada motivasi untuk mencapainya. Jangan lupa diskusikan hal-hal yang bisa dilakukan saat LDR, serta kegiatan apa saja yang bisa membuat komunikasi kalian terhambat.

3. Saling pengertian

Saat LDR, toleransi dan pengertian harus dimiliki oleh masing-masing orang. Seperti saat doi sibuk dan tidak bisa menghubungi, beri pengertian bahwa mungkin ia memang disibukkan dengan pekerjaannya atau kegiatan lainnya. Belum lagi saat jarak yang terbentang adalah berbeda benua, di mana waktunya bisa berbeda beberapa jam. Tak jarang, konflik terjadi karena permasalahan kecil yang menjadi besar. Hal-hal ini lah yang memicu salah paham dan pertengkaran.

4. Rayakan hal kecil bersama

Merayakan sesuatu, seperti anniversary, hari ulang tahun, atau mungkin hal kecil seperti pekerjaan baru, penghargaan untuk tugas kantor dan lain-lain akan menjadi hal yang romantis. Bisa dengan saling mengirimkan hadiah, atau merayakannya melakui video call. Lakukan tiup lilin bersama atau makan bersama yang membuat LDR menjadi unik dan penuh cerita.

5. Cara kreatif

Jika merasa bosan, cobalah cari kegiatan baru yang bisa dilakukan bersama. Apalagi teknologi yang sudah semakin berkembang, kalian bisa menonton film bersama lewat Netflix Party atau platfrom Zoom dan Goggle Meet. Bisa juga ala-ala makan malam dengan makan sembari melakukan panggilan video. Akan ada banyak cara jika kalian mau berusaha.

6. Fokus pada diri sendiri

Hubungan jarak jauh bisa menjadi ajang bagi kalian untuk fokus pada diri sendiri. Kalian bisa memikirkan karir, memiliki waktu luang bersama teman dan keluarga, dan melakukan apa yang ingin kalian capai. Dengan catatan tetap dibantu support yang penuh dari pasangan. Motivasi diri kalian sendiri untuk segera mencapai apa yang kalian mau agar hubungan dengan pasangan bisa berlanjut dan LDR segera usai.

Sejauh apapun jarak, semua bisa diatasi asalkan dua orang yang menjalaninya mau bekerja sama untuk hubungan yang lebih harmonis. Semoga 6 tips di atas bisa membantu kalian ya! (mnd/tur)



Apa Reaksi Anda?

Komentar