Gaya Hidup

Latihan di Ruang UKS, Santri Jombang Juara Lomba Band Salawat

Arrisky (tengah) saat bersama timnya pada babak final di Unisma
Arrisky (tengah) saat bersama timnya pada babak final di Unisma

Jombang (beritajatim.com) – Tiga santri yang berasal dari MA Salafiyah Syafi’iyah Seblak, Jombang, berhasil meraih juara dalam lomba band salawat akustik tingkat provinsi. Keberhasilan ini terjadi setelah mereka melakukan lebih dari sepuluh kali latihan di ruang UKS (Usaha Kesehatan Sekolah. Gitar yang digunakan latihan juga mmeinjam dari teman.

Formasi band akustik ini terdiri dari Masykur Hasyim sebagai backing vocal, Muizzal Kamal sebagai gitaris, dan Arrisky Sholna Hadi yang menjadi lead vocal. Mereka mengejutkan banyak orang ketika berhasil meraih gelar juara dalam babak final yang digelar di Universitas Islam Malang (Unisma).

“Kami merasa tidak percaya ketika diumumkan sebagai juara. Semuanya di luar dugaan kami. Bahkan kami tidak pernah berpikir akan lolos ke babak final. Kami berlatih di ruang UKS dengan gitar pinjaman,” ungkap Arrisky Sholna Hadi pada Minggu (24/9/2023).

Ketidakpercayaan mereka lumrah, mengingat bahwa sebelumnya, mereka gagal lolos di tingkat kabupaten dalam ajang serupa bulan lalu. Oleh karena itu, mereka tidak pernah membayangkan bisa mencapai babak final, apalagi diundang ke Unisma.

Lomba ini diadakan oleh LP Ma’arif PWNU Jawa Timur, dengan seleksi berjenjang dari tingkat kabupaten hingga tahap final. Dari ratusan peserta yang mendaftar, satu-satunya grup band yang diundang ke babak final adalah mereka dari MA Salafiyah Syafi’iyah Seblak Kecamatan Diwek. “Tinggal tampil dan penentuan juara di Unisma sana,” tambahnya.


BACA JUGA:
Tunaikan Haji, Santri Tebuireng Gowes Jombang-Makkah

Meskipun meraih gelar juara, kelompok ini lebih fokus pada pengalaman berkompetisi daripada hadiah. Arrisky menyatakan bahwa piala, sertifikat, dan uang pembinaan yang mereka terima sebagai juara bukanlah yang terpenting bagi mereka.

Arrisky, yang berasal dari Riau dan dikirim untuk mondok di Jawa sejak masih SD, memiliki bakat menyanyi yang diwarisi dari ayahnya. Bahkan sejak kecil, dia pernah membuat video menyanyi yang diunggah di YouTube. Dari tiga bersaudara, kakak perempuannya menjadi seorang YouTuber.

Di masa depan, Arrisky berharap dapat mengembangkan bakatnya ini lebih lanjut, meskipun tetap fokus pada penghafalan Alquran. Selain itu, ia juga memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter.

BACA JUGA:
Wali Band Tampil Memukau, Santri Jombang Berjingkrak Hingga Puncak

Kepala MA Salafiyah Syafi’iyah Seblak, Budi Santoso, mengapresiasi prestasi luar biasa dari murid-muridnya. Menurutnya, bakat Arrisky dan teman-temannya sudah terlihat sejak awal, dan guru mereka telah berperan penting dalam mengembangkan bakat tersebut.

Sekolah memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkompetisi dan mengasah bakat mereka, dan Budi Santoso yakin bahwa prestasi lebih besar akan lahir di masa depan. [suf]


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Apa Reaksi Anda?

Komentar