Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Lamongan Bakal Dirikan Sentra Ikan Hias, Berikut 3 Lokasi Alternatifnya

Pameran Ikan Hias dan Aquascape, di Plaza Lamongan, yang berlangsung selama 3 hari, 25-27 Juni 2022.

Lamongan (beritajatim.com) – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, Yuli Wahyuono menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lamongan bakal mendirikan sentra ikan hias, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Kabupaten Lamongan.

Selain itu, keberadaan sentra ikan hias di Lamongan ini juga dinilai akan mampu memfasilitasi para pengusaha dan penghobi ikan hias agar lebih bergeliat. Oleh karenanya, tambah Yuli, ada tiga lokasi alternatif yang telah disiapkan untuk menjadi sentra ikan hias di Lamongan.

“Nanti kita bentuk asosiasi dan membuat sentra ikan hias di Lamongan, sebagai lokasi alternatif di antaranya di pasar burung sebelah barat, mungkin di depan garasi bus biru samudera atau mungkin di pasar rakyat lantai dua,” ujar Yuli, dalam kegiatan Pameran Ikan Hias dan Aquascape, di Plaza Lamongan, Minggu (26/6/2022).

Yuli juga mengaku, pihaknya akan mengundang seluruh pengusaha budidaya dari berbagai jenis ikan hias yang ada di Lamongan untuk membentuk asosiasi, serta membahasnya bersama Bupati Lamongan agar pembangunan sentra ikan ini bisa segera terwujud.

“Nanti kita bahas bersama Pak Bupati, kira-kira lokasi mana yang akan disetujui sebagai sentra ikan hias di Lamongan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Yuli berharap, dengan banyaknya komunitas pecinta ikan hias dan aquascape ini, nantinya Lamongan bakal menjadi pasar rujukan yang cukup menjanjikan dan mampu bersaing dengan daerah lain seperti Kediri, Blitar, Tulungagung dan sekitarnya.

“Ternyata di Lamongan juga mampu membudidayakan dan melakukan pembesaran ikan hias, salah satunya adalah jenis koi yang ada di Desa Sukoanyar Kecamatan Turi dan Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng,” sebutnya.

Masih kata Yuli, pendirian sentra ikan hias ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menumbuhkan perekonomian kerakyatan, khususnya bagi pelaku bisnis dan penghobi ikan yang mayoritas dari kalangan milenial di Lamongan.

“Ternyata pelaku bisnis dan penghobi ikan hias ini adalah mereka dari kalangan milenial. Dengan didirikannya sentra ikan hias dan adanya asosiasi ini semoga bisa memudahkan para milenial untuk mengembangkan bisnisnya, sekaligus memudahkan koordinasi untuk mengadakan atau mengikuti even yang ada,” tutupnya.[riq/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar